Bandung Terkini

85,8 Nakes Kota Bandung Sudah Divaksin, Masyarakat Mesti Sabar Nunggu Antrian

BANDUNG – Kota Bandung telah menyelesaikan 85,8 persen jumlah target vaksinasi tahap pertama untuk Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan. Terhitung sudah ada 25.190 SDM kesehatan dari jumlah target sasaran 29.350 SDM kesehatan yang telah menjalani vaksinasi tahap pertama.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengungkapkan target vaksinasi belum mencapai 100 persen karena ada beberapa calon penerima yang belum lolos screening.

“Misalnya tensi tidak ideal, kemudian ternyata faktor komorbitnya juga cukup banyak, ada juga dari aspek lain tidak memenuhi. Yang jelas proses screeningnya banyak yang tidak lolos. Kalau yang tidak datang tanpa alasan itu sangat kecil. Umumnya mereka datang tetapi begitu dilakukan tes kesehatan, ternyata pada saat itu tidak layak untuk divaksin,” ujar Ema, dilansir Humas Kota Bandung, Jumat (05/02/21).

Sedangkan untuk vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Kota Bandung saat ini baru diangka 13,15 persen atau 3.838 orang. Persentase itu akan terus bertambah hingga ditargetkan berakhir pada akhir bulan Februari 2021.

Ema menegaskan jika yang menjadi target vaksinasi bagi SDM Kesehatan bukan hanya para nakes, tapi semua orang yang terlibat di area rumah sakit, seperti OB, satpam, customer service, hingga pramusaji. Untuk fase berikutnya yang akan menjalani vaksinasi pada bulan Maret 2021 yakni Polri, TNI dan ASN yang berada di garis depan.

Ema menambahkan jika nanti ketika sudah giliran masyarakat umum dapat divaksin, ia meminta untuk tidak berebut, karena sudah ketentuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kota hanya menjalankannya tidak bisa seenaknya mendaftarkan untuk masyarakat umum.

“Jadi fase ini mohon untuk dipahami dan vaksin tidak bisa saling berebut. Karena aplikasinya dari pusat bukan lokal. Kita tidak bisa seenaknya mendaftar. Itu yang sudah masuk terkonfirmasi dari pusat yang menjadi sasaran dalam proses vaksin,” lanjutnya.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: