Berita TerkiniNasionalPolitik

Aboe Bakar Al-Habsy Siap Menjadi Penjamin Rizieq Shihab

Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKS, Aboe Bakar Al-Habsy menyatakan siap menjadi penjamin penangguhan penahanan Habib Rizieq Shihab (HRS) terkait penahanan HRS tentang pelanggaran protokol kesehatan. Sabtu (12/12/20) malam kemarin HRS ditahan Polda Metro Jaya dalam kasus protokol kesehatan.

“Karena kalau kita lihat selama Pilkada kemarin Satgas Covid-19 mencatat adanya 178.039 tidak ada satupun yang diproses pidana. Bisa jadi HRS ini adalah orang pertama yang ditahan lantaran protokol kesehatan,” ucap pria yang lebih sering disapa Habib Aboe seperti dilansir dari fraksi.pks.id

Habib Rizieq Shihab (HRS) dipanggil oleh pihak kepolisian lantaran disebut menjadi pelanggar protokol kesehatan. Sehingga Sabtu kemarin HRS mendatangi Polda Metro Jaya untuk memberi penjelasan dan mendapatakan kejelasan.

Habib Aboe mendengar kabar tentang HRS langsung bereaksi untuk menjadi penjamin dalam penangguhan penahanan beliau. Hal itu sesuai dalam ketentuan pasal 31 KUHP, yang berbunyi (1) Terpidana dapat segera menjalani pidana kurungan pengganti tanpa menunggu batas waktu pembayaran denda; (2) Ia setiap waktu berhak membebaskan dirinya dari pidana kurungan pengganti dengan membayar denda; (3) Pembayaran sebagian dari pidana denda, sebelum atau sesudah mulai menjalani pidana kurungan pengganti, membebaskan terpidana dari sebagian pidana kurungan yang seimbang dengan bagian yang dibayarnya.

Pada umumnya, menurut Habib Aboe, penangguhan penahan dapat diberikan dengan tiga syarat. Pertama, tidak akan mengulabgi tindak pidana yang disangkakan, kedua tidak menghilangkan barang bukti dan ketiga tidak akan melarikan diri. Tentu saja semua itu harus dengan menghormati proses hukum yang berlaku.

Melihat berita tersebut, para netizen Indonesia memberi tanggapan yang beragam. Ada yang mendukung Habib Aboe untuk membantu HRS, adapula yang tidak setuju. Salah satu komentar cuitan dari akun bernama @wahyuanto16 yang mengatakan “Alhamdulillah, inilah yang ditunggu umat, aksi nyata anggota dewan dalam perjuangan aspirasi umat, semoga frajsi PKS tetap dapat mengembang amanah para konstituennya, bismillah”, ketika berkomentar di tweet @FPKSDPRRI. Selanjutnya mari kita lihat saja, bagaimana kelanjutan kasus ini.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: