Bandung Terkini

Akan Dilakukan Pendataan Keluarga di Kota Bandung, Persiapkan Diri!

BANDUNG – Mulai per tanggal 01 April 2021 kemarin, masyarakat Kota Bandung akan kedatangan kader yang akan melakukan pendataan keluarga 2021 secara nasional. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah serentak melaksanakan pendataan keluarga yang dimulai sejak tanggal 01 April 2021 hingga 31 Mei 2021 mendatang.

Pendataan keluarga yang dilakukan setiap lima tahun sekali tersebut akan dilakukan dengan melakukan pengunjungan ke rumah-rumah masyarakat. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung Andri Darusman mengatakan jika nantinya kader akan datang mendata datang ke rumah-rumah.

“Rata-rata satu kader mendata 10-15 keluarga per hari. Ada juga yang satu rumah ada 2-3 keluarga, jadi tidak dihitung rumah tapi kepala keluarga,” ungkap Andri, dilansir Humas Kota Bandung, Kamis (01/04/21).

Dilansir Humas Kota Bandung, pendataan keluarga dilakukan sesuai dengan amanat UU Nomor 52 Tahun 2019 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dan PP Nomor 87 tentang perkembangan kependudukan, pembangunan keluarga, keluarga berencana dan sistem informasi keluarga.

Sebelumnya DPPKB Kota Bandung da BKKBN sudah melakukan sosialisasi terkait pendataan keluarga melalui media sosial dan iklan layanan masyarakat. Serta sudah dilakukan sosialisasi yang dibantu oleh Lurah, RW dan RT.

“Mudah-mudahan seluruh masyarakat bisa siap-siap menerima petugas atau kader pendata dan masyarakat seperti harapan pak wali kota, memberikan data-datanya yang akurat, jelas, tepat, artinya seadanya tidak dibuat-buat karena ini untuk kebijakan supaya lebih tepat lagi,” lanjutnya.

Masyarakat harap tenang jika petugas atau kader datang ke rumah, sebab para kader sudah dan akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sehingga masyarakat tidak perlu kgawatir dan bisa mengikuti pendataan keluarga dengan baik dan benar.

Kota Bandung memiliki data administrasi kependudukan mencapai 656 ribu kepala keluarga. Diharapkan waktu dua bulan mampu dimanfaatkan secara baik dan benar dalam melakukan pendataan.

“Kota Bandung saat ini memiliki 656 ribu kepala keluarga, kita menerjunkan 7.365 kader pendata. Dalam dua bulan, mudah-mudahan waktunya cukup,” harapnya.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: