Berita TerkiniOtomotif

Alasan Mengapa SIM Dimulai 17 Tahun

BANDUNG – Jika ingin berkendara di jalan raya, syarat utama dan bahkan syarat wajib yang harus ditaati yaitu harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Ketika sudah memiliki SIM, maka pengendara sudah dinyatakan legal untuk berkendara di jalan raya.

SIM merupakan bukti registrasi dan juga identifikasi bahwa pengendara sudah memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan, seperti persyaratan administrasi serta sehat secara jasmani dan rohani.

Namun, hal yang paling penting dalam pembuatan SIM yakni harus minimal berusia 17 tahun. Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan ditetapkannya 17 tahun sebagai umur minimal 17 tahun bukan tanpa alasan. Umur tersebut dianggap sudah tdewasa baik secara fisik maupun mental.

“Pada usia tersebut, seseorang sudah dianggap mampu untuk fokus, mengambil keputusan yang tepat dan mampu melakukan berbagai tindakan antisipatif yang diperlukan,” ungkap Marcell, dilansir detikcom.

Menurut Peraturan Kapolri No. 9 Tahun 2012 Pasal 25 tentang Surat Izin Mengemudi, berikut adalah persyaratan usia minimal untuk mendapatkan SIM:

  1. Berusia 17 tahun untuk SIM A, SIM C dan SIM D
  2. Berusia 20 tahun untuk SIM B I
  3. Berusia 21 tahun untuk SIM B II
  4. Berusia 20 tahun untuk SIM A Umum
  5. Berusia 22 tahun untuk SIM B I Umum
  6. Berusia 23 tahun untuk SIM B II Umum

Namun tetap saja usia tidak menjamin tingkat kedewasaan seseorang. Akan tetapi usia 17 tahun menjadi bukti administratif jika seseorang sudah sah memiliki SIM secara legal dan berkendara dengan aman.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: