Berita TerkiniJawa Barat

Atasi Kemacetan, Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) akan Segera Dibuka H-10 Lebaran

BANDUNG – Menjelang Lebaran atau Idul Fitri 2021, gerbang pintu Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) di wilayah Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat akan dibuka, tepat pada H-10 lebaran. Tujuan dibukanya GT Cisumdawu, untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di daerah Cileunyi yang nantinya akan ada pengalihan lalu lintas.

Asisten PPK Seksi I Tol Cisumdawu Azis Kurniawan mengatakan jika nantinya dari arah Jakarta menuju jalur tengah Jawa Barat meliputi Sumedang, Majalengka, Cirebon dan jalur selatan Jawa Barat meliputi Tasikmalaya, Garut hingga Jawa Tengah, setelah dibukanya GT Cisumdawu diprediksi tidak akan terjadi kemacetan.

“Nanti dapat difungsikan seagai pengalihan arus pada saat mudik dan balik lebaran 2021,” ujar Azis, dilansir kompas, Senin (15/03/21).

Proses pembangunan Tol Cisumdawu sudah berada di 70 persen. Dengan panjang tol 10,6 kilometer, Azis selalu intens berkomunikasi dengan berbagai pihak yang terkait demi terciptanya progress cepat pembangunan Tol Cisumdawu.

“Saat ini untuk seksi I sendiri, dari total 10,6 kilometer, mulai Cileunyi sampai akses Rancakalong (Sumedang), progress fisiknya sudah mencapai 70 persen. Serta kami sudah menjalin komunikasi dengan Polda Jabar, Patroli Jalan Raya Jabar, Polres Bandung, Kementerian Perhubungan hingga dinas perhubungan ditingkat kabupaten. Kami intens komunikasi agar pengerjaan fisik tol tidak menghambat arus lalu lintas,” ujarnya.

Kendala yang saat ini dialami progress Tol Cisumdawu yakni masalah pembebasan lahan. Azis berharap pemilih lahan dapat bekerjasama untuk mempercepat pembuatan Tol Cisumdawu. Meski begitu, Azis dan pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan percepatan pembangunan agar Tol Cisumdawu dapat digunakan sesuai target.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: