Bandung Terkini

Bandung Kedapatan Pasien Yang DiDuga Terpapar Virus Corona

Warga Kota Bandung dibuat kaget dan dibuat ngeri oleh berita yang mengatakan bahwa di Bandung sudah ada pasien yang di duga terjangkit virus corona dan sedang di isolasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin atas rujukan dari Rumah Sakit Cahya Kawaluyan, Kabupaten Bandung Barat sejak Minggu malam (26/01/2020).

Berdasarkan rujukan RS Cahya Kawaluyan, pasien yang berinisial HG ini merupakan Warga Negara Asing yang bekerja di perusahaan di Indonesia. Ketika suhu tubuhnya diperiksa mencapai 37,7 derajat celcius. Lalu pasien mengatakan baru pulang dari Xinhua, China pada 12 Januari 2020, atas dugaan yang terkait maka pihak RSHS langsung menempatkan pria tersebut di ruang isolasi khusus.

Pasien tersebut kemudian diperiksa dokter ahli RSHS dengan diagnosa infeksi saluran pernafasan atas.

Direktur Utama RS Hasan Sadikin Bandung, Nina Susana Dewi mengatakan pihaknya mencatat dua pasien yang datang ke RSHS dengan gejala penyakit yang beragam.

Selain itu, adapula pasien yang mendapat rujukan dari RS Borromeus Bandung.

“Dengan keluhan kejang dan tidak sadar. Pasien sempat pergi ke luar negeri ke Singapura pada tanggal 19 Januari dan pulang tanggal 22 Januari. Pada saat pulang (ke Bandung) dengan keluhan tersebut akhirnya datang ke Borromeus,” ujar Nina dalam konferensi pers di RSHS Bandung, Senin (27/01/2020) dikutip dari kompas.com

Pihak rumah sakit mengatakan bahwa pasien yang diduga terjangkit virus corona ini masih belum dikatakan positif.

“Hari ini sampel dikirim ke Litbangkes. Sampai sekarang baru observasi infeksi saluran pernafasan akut,” ujar Nina.

Warga Bandung dimohon jangan panik dan harus tetap tenang. Gunakanlah masker ketika hendak berpergian ke luar rumah. Serta selalu mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun atau selalu membawa hand sanitizer di dalam tas.

Reporter dan Editor: Fathya Nurul

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: