Bandung Terkini

Bandung Selalu Dingin Akhir-Akhir Ini, Beginilah Penjelasan BMKG

BANDUNG – Kondisi cuaca di Bandung cenderung lebih dingin dalam delapan hari terakhir. Bahkan, kondisi suhu yang cukup dingin terjadi pada malam hingga pagi dini hari.  Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu, mengakui, kondisi suhu udara di Bandung Raya hingga saat ini masih terasa dingin pantauan pada (Minggu, 31 Januari 2021).

Berdasarkan pantauan alat pengukur suhu udara di Pos Pemantauan cuaca di Lembang tercatat suhu udara terendah dalam delapan hari terakhir dari tanggal 24-31 Januari 2021 adalah sebesar 17,1 derajat celcius. Suhu tersebut terjadi pada 25 Januari 2021.

Di Lembang, kisaran suhu udara minimum di wilayah Lembang tercatat 17,1 – 18,2 derajat Celcius. Suhu udara minimum Lembang pada 30 Januari 2021 tercatat di 17,2 derajat celcius. Sedangkan pantauan suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung, Sukajadi, selama delapan hari terakhir tercatat paling rendah di 20,2 derajat celcius yaitu di 24 dan 30 Januari 2021.

“Berdasarkan faktor regional dari kondisi kelembaban yang cenderung basah, yaitu lebih dari 60 persen pada ketinggian kurang lebih 3 km di atas permukaan laut berpotensi untuk pembentukan awan-awan hujan,” kata dia, Senin (1/2/2021).

Namun saat ini ada perubahan kondisi cuaca berupa Siklon Tropis “ANA”  di Samudera Pasifik bagian barat. Informasi terkini terbentuk siklon tropis “LUCAS” dan “BINA” di Samudera pasifik bagian barat dan ada daerah tekanan udara rendah di sebelah utara Australia Barat sehingga kondisi angin dalam beberapa hari ke depan di sekitar wilayah Jawa Barat masih relatif kencang berkisar antara 27-45 km/jam.

Dari pantauan alat  anemometer, kecepatan angin di Sukajadi Bandung pada hari ini tercatat maksimum sebesar 40,7 km/jam. Dari kondisi kelembaban yang cenderung basah dan angin yang relatif kencang menyebabkan kondisi suhu udara di wilayah Bandung Raya terasa dingin.

“Angin kencang kemungkinan sampai 2-3 hari ke depan, sedangkan cuaca dingin kemungkinan akan berlangsung hingga puncak musim hujan, atau sekitar akhir minggu pertama Februari 2021,” ucapnya.

source: jabar.inews.id

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: