Berita TerkiniNasional

Banjir di Pekalongan Berwarna Merah, Ternyata Ini Penyebabnya!

BANDUNG – Banjir merendam Kota Pekalongan, Jawa Tengah pada Sabtu (06/02/21). Namun ada yang tak biasa, air banjir di Jalan Pelita III, Kelurahan Jenggot, Pekalongan Selatan, berwarna merah menyala. Banjir sudah terjadi sejak pukul 08.00 WIB pagi.

Hujan deras dengan drainase memburuk merupakan penyebab utama terjadi banjir di wilayah Jawa Tengah tersebut. Namun, mengapa air yang banjirnya berwarna merah?

Dilansir detik, menurut salah seorang warga Kelurahan Jenggot, Rohmatika, mengatakan jika penyebab air banjir berwarna merah, karena ada obat batik yang terkena banjir, akhirnya membuat air yang seharusnya berwarna keruh atau kecokelatan berubah menjadi warna merah menyala.

“Banjir warna merah ini karena obat batik, yang kena banjir, sebentar juga hilang bercampur hujan,” ujar Rohmatika, dilansir detik, Sabtu (06/02/21).

Ternyata, daerah yang terendam banjir merupakan gudangnya para pengrajin batik di Pekalongan. Maka tak heran, banjir berubah warna menjadi merah. Rohmatika berharap pemerintah setempat untuk lebih peka dan segera memperbaiki drainase yang sudah mampet.

“Kami berharap ada perbaikan drainase karena banyaknya lumpur dan sampah. Ini banjir terjadi seteah sebelumnya selama bertahun-tahun, tidak terjadi banjir,” harapnya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: