Berita TerkiniNasional

Banjir Kalsel Belum Surut Sejak Tanggal 09, Semua Akses Terputus

BANDUNG – Hujan yang intens terus mengguyur Kalimantan Selatan, sejak Sabtu (09/01/21) hingga saat ini, Jumat (15/01/21). Banjir belum surut setelah seminggu lamanya, itu karenakan hujan terus mengguyur membuat ketinggian air meningkat, terlapor hingga saat ini, Jumat (15/01/21) ada beberapa kecamatan yang mengalami ketinggian air mencapai dua hingga tiga meter.

Dilansir dari Antara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Mujiyat mengatakan kondisi terparah terjadi di Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut, selain lima wilayah lainnya yang terdampak air pasang akibat tingginya curah hujan yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Di Kabupaten Banjar, daerah paling terdampak yaitu Kecamatan Pengaron. Mujiyat mengatakan jika hujan terus menerus maka Kabupaten Banjar akan berstatus tanggap darurat banjir yang telah ditetapkan sejak Senin (11/01/21) dan akan berlaku hingga 31 Januari 2021.

Mujiyat mengungkapkan seluruh tim SAR gabungan kini bahu membahu melakukan porses evakuasi warga, anak-anak, wanita dan lanjut usia menjadi prioritas tim SAR gabungan untuk diselamatkan lebih awal. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa, namun dipastikan ketinggian air terus meningkat.

Tak hanya rumah warga yang terendam banjir, akses jalan raya lintas kabupaten juga terendah banjir. Dilansir di tirto.id, ruas jalan nasional di Provinsi Kalimantan Selatan yang menghubungkan antarkabupaten dan kota putus diterjang banjir setelah oprit jembatan di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar terputus sejak, Kamis (14/01/21) pagi.

Sementara itu, dilansir dari detik.com, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Mochamad Rifa’i mengatakan jika polisi telah membagikan sejumlah logistik kepada warga, baik makanan siap saji maupun logistik lainnya, seperti selimut dan obat-obatan. Pengevakuasian korban masih terus berlanjut hingga saat ini dan berharap air bisa cepat surut.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: