Bandung Terkini

Bantuan Langsung Tunai yang Akan Cair Bulan Desember

BANDUNG – Masyarakat patut senang, karena bulan ini akan ada pencairan bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Terdapat enam bantuan yang akan cair di bulan Desember. Bantuan tersebut berbentuk bantuan langsung tunai atau bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah.

Pemerintah berharap dengan cairnya bantuan ini akan memudahkan masyarakat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Serta, membuat ekonomi Indonesia kembali stabil seperti dahulu kala sebelum adanya pandemi. Semoga masyarakat bisa mendapatkan bantuan ini dan digunakan sebaik mungkin.

Bantuan langsung tunai yang akan cair, yaitu:

1. Kartu Prakerja

Semenjak pandemi banyak pekerja yang terkena PHK. Lalu pemerintah memberi bantuan berupa kartu prakerja. Bagi Anda yang sudah mendaftar dan dinyatakan lolos sebagai peserta Kartu Prakerja patut berbahagia, karena bulan Desember aka nada proses pencairan mengenai Kartu Prakerja. Pencairan akan berlangsung pada minggu pertama, sama dengan bulan-bulan sebelumnya.

2. BPUM BLT UMKM Rp. 2,4 Juta

Bantuan Presiden Produksi Usaha Mikro (BPUM) untuk usaha UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 akan cair juga. Bagi UMKM yang sudah mendaftarkan usahanya harus mengecek e-form BRI untuk mengetahui apakah pendapatkan dana Rp. 2,4 juta atau tidak. Pencairan ini akan disalurkan hingga akhir Desember melalui bank BRI ataupun BNI. Harap menyiapkan berkas seperti KTP dan KK untuk melakukan proses verifikasi dan pencairan dana.

3. BSU Rp. 1,2 Juta BLT BPJS Ketenagakerjaan

Karyawan yang mempunyai upah atau gaji per bulan dibawah Rp. 5 juta akan mendapatkan BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan sejumlah Rp. 1,2 juta. Namun, ini berlaku bagi karyawan yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Bulan Desember diperuntukkan bagi karyaan yang belum menerima namun sudah terdaftar sebagai peserta yang lolos.

4. Subsidi Listrik

Pemerintah akan memperpanjang bantuan token listrik gratis kepada pelanggan 450 VA bersubsidi dan diskon 50% kepada pelanggan 900 VA bersubsidi. Maka dari itu segera cek token listrik gratis untuk bulan November melalui website resmi PLN atau menggunakan aplikasi WhatsApp.

5. BSU Tenaga Honorer

Bagi peserta BSU Tenaga Honorer harus segera membuka website resmi Kemendikbud info.gtk.kmendikbud.go.id karena Bantuan Subsidi Upah atau gaji untuk guru honorer akan diberikan untuk bulan ini. Pastikan nama Anda tertera di website tersebut untuk mendapatkan BSU sebesar Rp. 1,8 juta.

6. Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT)

Terdapat Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) yang disiapkan pemerintah untuk masyarakat Indonesia yang terdaftar pada bulan sebelumnya. BNPT kali ini akan cair sebesar Rp. 200 ribu per KK yang dapat diambil di kantor desa atau kelurahan setempat.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: