Berita Terkini

Bantuan yang Akan Cair Januari 2021

BANDUNG – Bagi Anda yang terdampak covid-19 jangan khawatir jika takut tidak mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah. Karena terdapat tujuh bantuan pemerintah yang akan cari di bulan Januari 2021. Berikut list bantuan pemerintah yang akan cair Januari 2021:

  1. BST JABODETABEK

Bansos ini semula dibagikan dalam bentuk sembako, rencananya akan berubah menjadi Bantuan Bansos Tunai (BST) di tahun 2021. Bansos ini akan dilakukan selama semester pertama di tahun 202, dengan skema 18.8 juga Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pemilik kartu sembako dan Program Keluarga Harapan.

  1. BPUM (Bantuan UMKM) Senilai Rp. 2.4 Juta

Bantuan ini untuk membantu usaha mikro agar bertahan di tengah pandemi covid-19. Masyarakat yang sudah mendaftarkan diri bisa menunggu hasil konfirmasi dari pemerintah, dikarenakan banyak sekali yang mendaftar, terhitung ada 40.000.000 orang yang mendaftarkan diri untuk bantuan UMKM ini.

  1. Program Kartu Prakerja

Program yang diluncurkan pada awal tahun 2020 ini sangat diminati oleh masyarakat. Dikutip dari akun resmi @prakerja.go.id bahwa pencairan insentif akan dimulai kembali pada tanggal 05 Januari 2021. Jenis insentif terbagi menjadi dua, yaitu: Insentif Pelatihan, yang besarannya untuk anggaran 2020 adalah Rp. 600.000 (enam ratus ribu rupiah) perbulan (selama empat bulan); Insentif Survei Keberkerjaan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) persurvei (akan ada tiga survey)

  1. BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai)

Diberikan untuk keluarga yang masuk kategori 25% peringkat terbawah kondisi ekonomi didaerah pelaksanaan. Penyalurannya menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dibagikan sejumlah Rp. 110.000/KPM yang diterima setiap bulan. BPNT tidak dapat diambil secara tunai dan hanya dapat dibelanjakan bahan pangan di e-warong. BPNT dapat dibelikan beras dan telur, jika jumlah jatah yang didapatkan masih ada sisa maka jumlah sisa tersebut dapat ditabungkan.

  1. Bantuan Sosial Tunai

Pemerintah melalui Kementrian Sosial (Kemensos) memiliki program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bernilai Rp. 300.000/kartu keluarga. Harapan diadakannya bantuan sosial tunai yaitu dapat membantu masyarakat yang tengah menghadapi covid-19 untuk menjalankan hidup. Untuk mengecek bantuan sosial tunai dapat di akses di website DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dtks.kemensos.go.id

  1. Program Keluarga Harapan

Terdapat tiga komponen bagi masyarakat yang memenuhi aspek menerima program keluarga harapan, yaitu:

  1. Komponen Kesehatan, Ibu hamil (maksimal dua kali kehamilan); Anak usia dini (usia 0 s/d 6 tahun, maksimal dua anak); TBC (menderita penyakit tuberculosis).
  2. Komponen Pendidikan, Anak SD/MI sederajat (anak usia 6 s/d 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun); Anak SMP/MTs Sederajat (anak usia 6 s/d 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun); Anak SMA/MA Sederajat (anak usia 6 s/d 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun).
  3. Komponen Kesejahteraan Sosial, Lanjut usia 70+ (maksimal satu orang dan berada dalam keluarga); Penyandang disabilitas berat (maksimal satu orang dan berada dalam keluarga, tuna daksa dan keterbelakangan mental).

 

  1. BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan

Dari total 12,4 juta penerima, baru 93,94 karyawan yang ditransfer bantuan ini. sedangkan dana yang sudah tersalurkan ke rekening karyawan mencapa Rp. 27,96 triliun dengan rincian Rp. 14,71 triliun di termin 1 dan Rp. 13,2 triliun di termin 2.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: