Bandung Terkini

Berikut Dua Isu Utama Perekonomian Bandung Saat Ini

BANDUNG – Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung dalam dua bulan terakhir telah menginventarisir sejumlah masalah yang paling banyak terdampak selama pandemi Covid-19. Hal tersebut dilakukan untuk memulihkan perekonomian yang ada di Kota Bandung. Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung, Eric M. Attauriq menyatakan jika pihaknya telah menyiapkan strategis yang pas untuk mendongkrak perekonomian dan diharapkan bisa langsung dilaksanakan.

“Kita sudah menginventarisir program-program dari masing-masing pokja yang ada. Harapannya di bulan Maret beberapa pokja sudah mulai aktivitas kegiatan dalam rangka pemulihan ekonomi,” ucap Eric, dikutip Humas Kota Bandung, Rabu (03/03/21).

Eric membeberkan jika hasil pemetaan selama dua bulan terakhir yakni terdapat dua isu utama yang menjadi perhatian khusus, yaitu persoalan ketahanan pangan dan daya beli masyarakat. Sudah satu tahun lamanya pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian di Kota Bandung, sehingga terjadi penuruan di pendapatan perkapita dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Tadi kita mendapat informasi dari BPS, pendapatan per kapita warga Bandung mengalami penurunan,” tuturnya.

Dilansir Humas Kota Bandung, IPM Kota Bandung pun mengalami penurunan yakni minus 2,28 persen. Erick menuturkan jika sumber pendapatan Kota Bandung lebih banyak didapatkan dari sektor jasa dan pariwisata. Saat pandemi kedua sektor tersebut menurun membuat pendapatan pun ikut berkurang. Erick memaparkan jika sudah hampir minus 76 persen  dibandung tahun 2019.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: