Berita TerkiniEkonomi

BLT UMKM Diperpanjang, Pemerintah ingin UMKM Semakin Bersemangat

BANDUNG – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada tahun ini mampu berkontribusi besar pada pekenomian nasional. Hal ini dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, dalam konferensi pers virtual, Kamis (21/01/21). Untuk itu, maka akan ada perpanjangan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi para UMKM di tahun 2021.

“Dalam rapat tadi, Pak Presiden mengarahkan UMKM tetap diberikan bantuan permodalan, ini yang sedang kami siapkan dengan Menteri Keuangan,” ungkap Airlangga, dilansir dari kompas.com, Kamis (21/01/21).

Pemerintah menargetkan 12 juta pelaku UMKM bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp. 2,4 juta pada 2021. Usulan tambahan anggaran untuk program UMKM diperkirakan sebesar Rp. 28,8 triliun.

Airlangga berharap penambahan anggaran UMKM akan membuat para UMKM bersemangat untuk mencapai titik yang menguntungkan dan ia meyakini anggaran tersebut akan membantu penjualan UMKM.

Selain bansos untuk para UMKM, pemerintah pun sudah menyiapkan perlindungan sosial lain yang akan dijalankan pada tahun ini, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non-Tunao (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Semua program bansos tersebut sudah disiapkan dengan anggaran Rp. 101,2 triliun.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: