Berita TerkiniNasional

BMKG: Hati-Hati Gempa Susulan dan Tsunami Di Majene!

BANDUNG – Gempa bumi menguncang wilayah Majene, Sulawesi Barat pada hari Rabu (14/01/21) pukul 13.35 WIB. Gempa berkekuatan 5,9 SR mengguncang semua wilayah Majene dengan skala intensitas IV-V MMI atau termasuk golongan agak kuat. Lalu pukul 01.28 WIB, Jumat (15/01/21) terjadi gempa susulan yang sama kuatnya dengan kekuatan gempa 6,2 SR.

Menanggapi hal ini, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mengantisipasi jika terjadi adanya gempa susulan dan potensi tsunami diwilayah Majene.

Dilansir dari kompas.com, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan jika pihak BMKG masih menganalisis dan mungkin masih akan terjadi gempa susulan yang cukup kuat seperti dini hari tadi.

Catatan laporan sementara, dinyatakan setidaknya terdapat 189 orang mengalami luka berat, 214 luka sedang, 234 luka ringan dan 4 orang meninggal dunia.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalam hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” ungkat Dwikorita, Jumat (15/01/21).

Potensi tsunami kemungkinan terjadi jika terjadi gempa susulan berkekuatan 6,2 SR. Oleh karena itu, Dwikorita meminta kepada masyarakat Majene untuk menggungsi ke tempat yang lebih aman. Hindari gedung-gedung yang sudah retak dan bangunan yang mudah roboh.

Serta untuk masyarakat yang tinggal di pesisir pantai, untuk segera langsung meninggalkan pantai dan mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggo. Ditakutkan jika terjadi tsunami.

“Jangan menunggu peringatan dini tsunami, sebab tsunami bisa terjadi dengan cepat dan singkat,” imbuh Dwikorita seperti dilansir kompas.com

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: