Berita TerkiniNasional

BMKG: Jawa Barat akan Rawan Longsor, Berikut Data Tujuh Daerah yang Rawan Longsor

BANDUNG – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung memberi peringatan kepada tujuh daerah di Jawa Barat yang rawan longsor pada puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada bulan Januari-Februari 2021.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu mengatakan jika Jawa Barat merupakan daerah dengan topografi berbukit, maka harus waspada jika nantinya ketika musim hujan peluang terjadi tanah longsor sangat tinggi.

“Adanya peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dengan jangka waktu panjang, maka wilayah Jawa Barat dengan topografi berbukti harus waspada pada peluang terjadinya tanah longsor,” ungkap Tegus, dilansir cnnindonesia, Selasa (23/02/21).

Teguh menerangkan titik-titik rawan yang tersebar di tujuh daerah yakni:

  1. Kabupaten Sukabumi, terutama Kecamatan Nyalindung, Cicurug dan Gegerbitung
  2. Kabupaten Bogor, meliputi Kecamatan Bogor Selatan, Ciawi, Cigombong, Cisarua, Nanggung, Cigudeng dan Sukamakmur
  3. Kabupaten Subang bagian selatan
  4. Kabupaten Garut, terutama Kecamatan Talegong
  5. Kabupaten Bandung wilayah selatan
  6. Kabupaten Majalengka, terutama Kecamatan Cikijing dan Talaga
  7. Kabupaten Sumedang, meliputi Kecamatan Cimanggung, Jatinangor, Sumedang Selatan dan Tanjungkerta.

Warga diimbau untuk tetap waspada dan hati-hati terutama jika sedang hujan deras. Karena ditakutkan akan terjadi longsor atau banjir akibat cuaca ekstrem.

“Bagi yang sedang dalam perjalanan di jalan raya, apabila terjadi cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai petir, harap segera menepi dan masuk ke gedung, hindari berlindung di bawah pohon besar. Menjauhi tebing jika berada di wilayah yang berbukit. Ketika terjadi hujan yang ekstrem ataupun hujan sedang dengan durasi lama harap menjauhi aliran sungai yang berpeluang meluap,” tutur Teguh.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: