Berita TerkiniCovid-19Jawa Barat

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ciamis Positif Covid-19 Setelah Vaksinasi

BANDUNG – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya terpapar Covid-19 setelah melakukan vaksinasi pertama pada Selasa (16/02/21). Tak hanya Herdiat, Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra juga dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan dua kali vaksinasi pada tanggal 1 Februari 2021 dan 16 Februari 2021.

Kepala Bidang Penanggulangan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Ciamis Bayu Yudiawan mengatakan jika antibodi Herdiat dan Yana sama-sama belum terbentuk secara menyeluruh. Sehingga masih rawan untuk terpapar Covid-19.

“Untuk Pak Wabup jarak dua minggu setelah suntik vaksin kedua. Kalau Pak Bupati baru tiga hari dari suntik pertama dan beliau masuk kelompok usia 60 tahun ke atas,” ungkap Bayu, dilansir cnnindonesia, Sabtu (27/02/21).

Bayu menjelaskan jika kekebalan akan total terbentuk pasca penyuntikan kedua yaitu 28 hari, bahkan untuk lansia membutuhkan waktu hingga dua bulan. Sedangkan Yana bisa terpapar lantaran baru 14 hari pasca suntikan kedua, lalu Herdiat terapar karena baru melakukan vaksinasi tahap pertama.

Akhir-akhir ini klaster perkantoran menjadi klaster penyebaran Covid-19 paling banyak di Ciamis, banyak kantor-kantor kedinasan yang memiliki karyawan yang terpapar Covid-19. Ditambah mobilitas Herdiat dan Yana sangat intens, dan sering sekali menggelar pertemuan kedinasan. Maka tak heran jika Bupati dan Wabup Ciamis tersebut terpapar Covid-19 meski sudah divaksin.

Dinas Kesehatan Ciamis langsung melakukan screening dan tracing disekeliling ruang lingkup kerja Bupati dan Wabup, terutama yang ada di Pendopo Kabupaten Ciamis. Setelah melakukan screening dan tracing di lingkungan Pendopo Kabupaten Ciamis terdapat sekitar delapan atau sembilan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mungkin jika tracing lebih luas akan menghasilkan pasien positif yang lebih banyak lagi.

Sebelumnya, dilansir cnnindonesia Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi menyebut jika meski sudah melakukan vaksinasi masih memiliki risiko terpapar Covid-19.

“Kita perlu pahami meskipun kita sudah divaksinasi Covid-19 kita masih memiliki risiko untuk terpapar dan tertular virus Covid-19, namun diharapkan dengan kita mendapat vaksinasi maka tubuh kita lebih kuta terhadap paparan virus Covid-19,” ujar Nadia, dilansir cnnindonesia, Senin (22/02/21).

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: