Berita TerkiniJawa Barat

Bus Parawisata Masuk Jurang di Sumedang Berhasil Diangkat

BANDUNG – Bus pariwasata PO Sri Padma Kencana dengan nomor polisi T 7591 TB yang terjun ke dalam jurang 20 meter di Jalan Raya Wado-Malangbong, Sumedang, Jawa Barat, sudah berhasil dievakuasi pada Kamis (11/03/21) malam. Bus yang sebelumnya membawa rombongan karya wisata dan ziarah SMP IT Muawwanah tersebut masuk ke dalam jurang sedalam 20 meter pada Rabu (10/03/21) pukul 18.30 WIB.

Evakuasi bus dilakukan malam hari mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB, hampir sekitar tiga jam lamanya bus bisa dievakuasi dan bisa langsung diperiksa lebih mendalam terkait kondisi bus.

“Sudah dievakuasi tadi malam. Alhamdulillah, sudah bisa terangkat kemudian kita bawa ke Sumedang untuk kita periksa lebih lanjut dalam rangka mengetahui kondisi kendaraannya,” ujar Kasatlantas Polres Sumedang Ajun Komisaris Eryda Kusumah, dilansir cnnindonesia, Jumat (12/03/21).

Eryda menuturkan selama proses evakuasi, pihaknya mengalihkan arus lintas di jalur alternatif Wado-Malangbong. Pengalihan lalu lintas sudah dilakukan dan berakhir hingga pukul 06.00 WIB pagi tadi. Pengalihan lalu lintas dilakukan berkoordinais dengan Polres Garut.

Bus pariwisata Sri Padma Kencana tersebut berisi 65 orang penumpang, sebanyak 29 orang meninggal dunia dan puluhan orang lainnya mengalami luka berat hingga ringan. Ketika bus dievakuasi, sudah tidak ada penumpang tersisa, barang-barang milik penumpang sudah diamankan dan akan dilakukan pengecekan.

“Kita tidak ada menemukan korban tambahan. Namun tetap melakukan pengecekan dan kita hanya mengamankan dari  barang-barang penumpang menjadi satu,” lanjutnya.

Pengevakuasian bus dilakukan dengan menggunakan sejumlah alat berat dan tiga unit alat derek. Setelah melakukan evakuasi, pihak kepolisian, Dinas Perhubungan dan instansi terkait akan melakukan penyelidikan terhadap kendaraan, untuk mengetahui penyebab utama kecelakaan.

“Hari ini kita dengan instansi terkait kita akan memeriksa fungsi kendaraan apakah ada yang tidak berfungsi,” tuturnya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: