Berita TerkiniTeknologi

Chip di e-KTP Membuat Data Terlihat Meski Tap Satu Kali

BANDUNG – e-KTP telah didesain menggunakan teknologi yang sangat mutakhir. Dilengkapi chip di dalamnya, membuat e-KTP bisa digunakan di beberapa lembaga hanya dengan men-tap e-KTP ke mesin pembaca untuk mengetahui data kependudukan.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan jika untuk mengakses NIK tak perlu ada fotokopi e-KTP lagi, karena sudah ada beberapa lembaga yang mempunyai mesin pembaca hanya dengan satu kali tap.

“Kalau ada bank sudah membuka data nasabah akses NIK, dia enggak perlu fotokopi. Lembaga sudah menggunakan sidik jari atau sidik wajah, dia enggak perlu fotokopi atau yang ketiga pakai card reader,” ungkap Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, dilansir cnnindonesia, Kamis (04/03/21).

Dilansir cnnindonesia, sudah ada beberapa bank yang menggunakan mesin tap e-KTP, bahkan di Kemendagri untuk mendata tamu yang datang ke kantor disiapkan pula mesin tap. Namun sayang sekali, jumlah mesin tap e-KTP baru hanya ada sekitar 50 ribu mesin pembaca yang beroperasi saat ini.

“Kalau ada lembaga yang meminta fotokopi, saya menduga belum kerja sama dengan Dukcapil. Jadi dia masih kerja manual. Coba lihat contoh urusan di BPJS Kesehatan, itu kan sudah tidak minta lagi,” lanjutnya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: