Bandung TerkiniEkonomi

Covid-19 Membuat Wisatawan yang Datang ke Bandung Menurun

BANDUNG – Sektor pariwisata merupakan salah satu pemasukan anggaran terbesar untuk Kota Bandung. Namun saat ini, sektor pariwisata sedang mengalami keterpurukan, karena pandemi membuat pendapatan dari sektor pariwisata harus menurun. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung telah mencatat adanya penurunan wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Kota Bandung.

Dilansir Humas Kota Bandung, pada tahun 2020 penurunan jumlah wisatawan domestik mencapai 50 persen atau berkisar 3,2 juta wisatawan, lebih rendah dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 7,4 juta wisatawan. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara hanya berjumlah 21 ribu, sedangkan tahun 2019 berkisar 350 ribu wisatawan.

Sekretaris Disbudpar Kota Bandung Tantan Surya mengatakan jika jumlah kedatangan wisatawan dihitung berdasarkan kedatangan wisatawan dari bandara, stasiun kereta api dan terminal. Namun tetap saja Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diterima Kota Bandung mengalami penurunan penerimaan menjadi Rp. 391 miliar.

“Jumlah tersebut didapat dari okupansi hotel, restoran dan hiburan yang sebelumnya itu sekitar Rp. 780 miliar atau sekitar 33 persen dari PAD,” ungkap Tantan, dilansir Humas Kota Bandung, Kamis (18/03/21).

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sedang berupaya untuk menstabilkan ekonomi. Salah satu upayanya yaitu dengan melakukan pemulihan perekonomian dengan memberikan pelonggaran atau relaksasi untuk kegiatan kesenian dan salon kecantikan. Hal tersebut didasari dengan ketentuan Peraturan Wali Kota (Perwal) Kota Bandung Nomor 28 Tahun 2021.

Selain mencoba untuk menstabilkan jumlah wisatawan, Disbudpar pun sedang berupaya untuk mengembangkan destinasi wisata lain di Kota Bandung yang nantinya bisa menjadi daya tarik baru bagi wisatawan.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: