Berita TerkiniTeknologi

Daftar dan Penjelasan Dentuman di Indonesia Sejak Awal 2021, Bikin Ngeri!

BANDUNG – Awal 2021 banyak sekali dentuman-sentuman yag dilaporkan oleh masyarakat. Ada yang sudah diketahui penyebabnya ada juga yang masih menjadi tanda tanya. Diilansir cnnindonesia, inilah identifikasi dentuman-dentuman yang terjadi di Indonesia:

  1. Kepualauan Seribu

Sejumlah warga yang tinggal di Kepulanan Seribu mengaku mendengar dentuman misterius pada Sabtu (9/1). Warga mengira dentuman berasal dari petir. Setelah ditelisik, dentuman itu diduga dari pesawat Sriwijaya Air SJ -182 yang jatuh usai lepas landas dari bandara Soekarno Hatta.

Dalam kejadian itu, seluruh kru dan penumpang Sriwijaya Air SJ -182 dinyatakan meninggal dunia. Saat ini, otoritas terkait tengah menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

  1. Buleleng

Dentuman keras terdengar di wilayah Buleleng, Bali, Minggu (24/1), sekitar pukul 10.30 WITA. Beberapa saat sebelum kejadian, sejumlah warga mengaku sempat melihat benda terbang diduga meteor.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengatakan sumber dentuman berasal dari gempa. Namun, sensor seismik miliki BMKG mencatat anomali gelombang seismik sekitar pukul 10.27 WITA. Formulasi menyebut dentuman menciptakan getaran 1,1 magnitudo.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional mengaku tidak mengetahui sumber dentuman keras yang ada di Bali karena tidak memiliki alat pendeteksi meteor di wilayah Bali.

Namun, peneliti LAPAN Rhorom Priyatikanto mengatakan meteor berukuran besar dikenal juga sebagai bolide atau fireball bisa jadi masuk ke atmosfer, terbakar, dan jatuh di dekat Buleleng.

“Dalam prosesnya, meteor tersebut dapat memicu gelombang kejut hingga suara dentuman yang bahkan terdeteksi oleh sensor gempa,” ujarnya lewat keterangan resmi di situs LAPAN, Senin (25/1).

  1. Majene

Dentuman misterius sempat terdengar oleh sejumlah warga yang tinggal di Majene, Sulawesi Barat, Selasa (26/1). BMKG memastikan dentuman tersebut bukan berasal dari gempa meski daerah itu baru diguncang gempa berkekuatan besar.

Berdasarkan penelusuran di media sosial, ditemukan informasi bahwa dentuman berasal dari bom ikan milik nelayan yang sedang mencari ikan di wilayah itu. Karena masih dalam situasi pasca gempa besar, dentuman dari bom ikan itu membuat warga yang mendengarnya panik.

  1. Lampung

Dentuman misterius terdengar di Provinsi Lampung pada Kamis (28/1) malam. Dentuman ini terdengar oleh warga di Tanggamus, Pringsewu, dan Lampura. Warga sempat melihat kilatan api sebelum dentuman terdengar.

BMKG mengaku tidak mencatat gempa bumi di daerah Lampung saat terjadi dentuman. Sedangkan LAPAN menyatakan penyebab dentuman yang terdengar di Lampung bisa dipicu oleh beberapa kemungkinan, salah satunya meteor.

Pasca dentuman diketahui bahwa sebuah batu meteorit sukepalan tangan menghantam salah satu rumah warga di Dusun Mulyodadi. Saat ditemukan warga, batu meteorit tersebut masih terasa hangat.

  1. Sukabumi

Suara gemuruh disertai dentuman terdengar di wilayah Kabupaten, Jawa Barat, Minggu (31/1). BMKG menyampaikan bahwa sumber suara itu berasal dari pergerakan tanah di kawasan itu.

BMKG merekaman aktifitas seismik pada pukul 19.00.36 WIB sampai 19.00.43 WIB. Lama durasi rekaman seismik berlangsung cukup singkat, yaitu tujuh detik.

Warga melaporkan getaran tersebut muncul setelah hujan deras. BMKG memastikan bahwa ada proses gerakan tanah yang cukup kuat hingga terekam di sensor gempa milik BMKG.

  1. Malang

Sebuah dentuman misterius dilaporkan terdengar oleh sejumlah warga yang tinggal di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (2/2). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang untuk sementara ini memastikan suara dentuman bukan bersumber dari aktivitas vulkanik Gunung Semeru atau Gunung Raung.

BPBD Kota Malang melaporkan suara dentuman mulai terdengar pada Selasa (2/2), sekitar pukul 23.00 WIB. Sejumlah warga diklaim masih melaporkan bahwa suara dentuman masih terdengar hingga menjelang subuh.

Suara dentuman terdengar hampir di seluruh wilayah Malang.

BMKG memastikan tak ada aktivitas seismik atau gempa dalam dentuman yang terdengar di wilayah Malang Raya tersebut.

Source: cnnindonesia

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: