Berita TerkiniPendidikan

Dana BOS 2021 akan Cair, Nadiem Meminta Dana BOS Dialokasikan Secara Fleksibel

BANDUNG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta kepada sekolah untuk bisa menentukan prioritas saat mengeluarkan dana ketika mendapatankan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2021 yang akan segera cair.

“Saya mengimbau satuan pendidikan itu agar benar-benar memanfaatkan keperluan sekolah yang paling dibutuhkan, yang paling kritis,” ujar Nadiem, dilansir medcom.id, Rabu (03/03/21).

Salah satu prioritas yang dikatakan Nadiem salah satunya tentang sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Sehingga fasilitas kesehatan menjadi prioritas yang harus dilakukan sekolah.

Nadiem ingin dana BOS kali ini dilaksanakan secara fleksibel dan mengikuti kebutuhan sekolah sesuai dengan wilayah masing-masing. Karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas, memiliki banyak sekolah dengan karakteristik yang berbeda dan setiap sekolah harus mampu menggunakan dana BOS dengan bijak terutama mengenai masalah kesehatan.

“Yang terluar dan tertinggal segera gunakan dana BOS ini agar anak-anak bisa masuk sekolah lagi dengan protokol kesehatam. Itu setiap wilayah indeks kemahalannya kan juga berbeda,” lanjutnya.

Ia menegaskan agar dana BOS kali ini tak disia-siakan terutama khusus sekolah yang ada di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T) yang sangat sulit untuk melakukan Pembelajara Jarak Jauh.

“Kita tidak mau mereka semua ketinggalan lebih jauh lagi, jadi tolong bagi semua Kepala Dinas, Pemda dan kepala sekolah untuk proses ini menggunakan dana Bos untuk segera tatap muka,” tegasnya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: