Bandung Terkini

Disbudpar: Jumlah Pengunjung Hotel, Café dan Resto Berkurang akibat PSBB dan Pandemi

BANDUNG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung mencatat jika okupansi hotel hanya berkisar 10-20 persen, berbeda ketika sebelum terjadi pandemi. Disbudpar meyakini jika penurunan tersebut didasari adanya PPKM atau PSBB tahap 1 dan tahap 2 di awal tahun 2021. Bahkan, ketika akhir tahun okupansi hotel berada diangka 40 persen.

Kepala Disbudpar Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan jika hal tersebut masih ditahap wajar. Kenny menilai jika penurunan tersebut terjadi karena situasi pandemi yang beum usai hingga saat ini dan membuat wisatawan yang datang ke Kota Bandung berkurang.

Dilansir Humas Kota Bandung, Kenny berharap okupansi hotel di Kota Bandung bisa terus meningkat. Agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak hotel di tahun 2021 bisa mencapai target.

“Targetnya ingin sama seperti sebelum Covid-19, yaitu sekitar 33 persen pajak dari hotel. Kita kemarin (2020) baru dapat informasi yang biasanya sekitar Rp. 700 miliar, turun sampai sekitar Rp. 300 miliar,” ujar Kenny, dilansir Humas Kota Bandung, Selasa (02/02/21).

Tak hanya penuruan okupansi hotel, Disparbud juga mencatat adanya penurunan pengunjung café dan restoran dikarenakan ketika PSBB Proporsional berlangsung ada pengurangan jam operasional.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: