Bandung Terkini

Diskominfo Selalu Siap Memberikan Pelayanan Kemajuan Teknologi Kepada Kota Bandung

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan terus memanfaatkan kemajuan teknologi informatika untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat Kota Bandung secara maksimal. Tak hanya itu, seluruh organisasi perangkat daetah (OPD) akan diintegrasikan untuk mempermudah pemberian pelayanan. Salah satu layanan yang akan terus dikembangkan Pemkot Bandung yakni Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kewilayahan, Sipaku (Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Umum).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan A. Brillyana mengatakan jika aplikasi akan terus dibangun dan dikembangkan untuk menyelenggarakan tata kelola pelayanan kewilayahan yang lebih efektif, efisien, akuntabel, transparan dan terintegrasi.

Aplikasi nantinya akan mempermudah penyusunan rekapitulasi, pelaporan, monitoring dan evaluasi pelayanan publik. Hingga saat ini Yayan mengatakan sudah ada empat kecamatan di Kota Bandung yang menggunakan aplikasi, yakni Kecamatan Sukasari, Mandalajati, Bojongloa Kidul dan Arcamanik.

Yayan menjelaskan jika pengembangan akan lebih difokuskan bottom up, agar menyesuaikan kebutuhan pelayanan administrasi di kewilayahan. Tentunya dengan Diskominfo sebagai pusat yang akan mengelola.

“Hingga saat ini Pemkot Bandung memiliki sekitar 300 aplikasi. Beberapanya akan kita manfaatkan kembali agar lebih baik,” ujar Yayan, dilansir Humas Kota Bandung, Kamis (01/04/21).

Tak hanya itu, Diskominfo Kota Bandung sedang mengembangkan Multisite Bandung yang merupakan implementasi dan strandarisasi website seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bandung. Nantinya dalam pelaksanaanya hanya mempunyai satu pusat serever yakni Diskominfo.

“Maintenance server website menjadi lebih efisien karena server multisite terpusat di satu server Diskominfo,” lanjutnya.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: