Berita TerkiniJawa Barat

Ditemukan Pungli Kepada Para Penerima Bantuan UMKM, Hati-Hati!

BANDUNG – Tim Tindak Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat berhasil menemukan dan mengungkapkan dugaan pungutan liar (Pungli) terhadap para penerima Bantuan UMKM di Kabupaten Bandung. Pada Bulan Agustus 2020 ada beberapa kecamatan di Kabupaten yang mengalami pungli Bantuan UMKM, diantaranya Kecamatan Cicalengka, Nagreg, Rancabali, Banjaran, Cikancung, Soreang dan Cimaung.

Kronologinya, setelah mendapatkan Bantuan UMKM, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah akan didatangi oleh orang yang mengatasnamakan perwakilan Sub Korlap Swarna Seknas Sejatra. Nantinya para pelaku UMKM diwajibkan menyetor berkisar 25 persen hingga 50 persen atau Rp. 600 ribu hingga Rp. 1.2 juta dari jumlah bantuan yang diberikan yakni Rp. 2.4 juta.

Uang yang sudah didapatkan dari orang yang mengaku sebagai Sub Korlap Desa nantinya akan menyerahkan ke Korlap Kecamatan hingga sampai ke Korlap Pusat. Para pelaku UMKM yang sudah menyetor, akan diberikan kartu member dan kaus.

JS selaku Sub Korlap Kecamatan Cicalengka mengatakan jika pihak pusat menugaskannya harus mengusulkan 650 pemohon, namun yang sudah terealisasi oleh dirinya baru 446 pemohon dan hanya 416 pemohon yang selalu menyetorkan uang.

Setiap Korlap nantinya akan menerima uang sebesar Rp. 600 ribu dari setiap pemohon atau pelaku UMKM, jika ditotalkan jumlah uang yang akan diterima yakni Rp. 249.6 juta. Nantinya uang tersebut akan diberikan kepada YS selaku pihak Korlap Jabar yang berjumlah Rp. 116.4 juta. Sisanya yakni Rp. 83.2 juta akan menjadi milik JS selaku Korlap Cicalengka.

Sedangkan di Kecamatan Nagreg, ada 165 pemohon yang nantinya akan dipotong Rp. 1 juta dan jumlah yang akan diterima Korlap yaitu Rp. 165 juta, diserahkan kepada Korlap Jabar sebesar Rp. 66 juta.

Kabib Data dan Informasi Satgas Saber Pungli Jabar, M. Yudi Ahadiat, S.H. mengatakan jika kasus pungli Bantuan UMKM sudah dilakukan gelar perkara oleh Pokja Yustisy, yang bertempat di Posko Saber Pungli, dipimpin KA Pokja Yustisy Jaksa Utama Muda Rustam, S. H., M. H., yang mewakili Ketua Satgas Saber Pungli Jabar. Serta dihadiri oleh para Tim Tindak, anggota Pokja Yustisy dan perwakilan Pok Ahli.

Ternyata kasus yang diusut benar terjadi, jika ada Pungli terhadap para penerima Bantuan UMKM. Para korban dijanjikan akan mendapatkan bantuan selama empat tahun, sehingga korban percaya dan memberikan dengan sukarela.

Dari 10 Korlap Kecamatan yang telah mendapat bantuan UMKM ada sebanyak 1.405 pemohon yang akan menyetorkan uangnya sebesar Rp. 400 ribu hingga Rp. 1.2 juta, dengan total uang yang terkumpul Rp, 804.9 juta, dengan rincian Rp. 562 juta disetor ke Koperasi Swarna Seknas Sejatra dan Rp. 242 juta digunakan untuk operasional YG sebagai Korlap Jabar. Kasus ini selanjutnya akan diserahkan kepada Aparat Penegak Hukum dan segera diadili.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: