Berita Terkini

Djoko Tjandra Melakukan Sidang Pembacaan Tuntutan Hari Ini

BANDUNG – Sidang terdakwa Djoko Soegiarto Tjandra akan dilakukan hari ini Kamis (04/03/21), terkait kasus pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) dan penghapusan Daftar Pencarian Orang (DPO) atas nama dirinya. Rencananya sidang akan berlangsung pada pukul 10.30 WIB di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat.

“Sidang biasanya pagi pukul 10.30 WIB,” ungkap penasihat hukun Djoko, Soesilo Aribowo, dikutip cnnindonesia, Kamis (04/03/21).

Jaksa telah mendakwa Djoko dalam kasus permufakatan jahat denga neks Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi 2 pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung, Pinangki Sirna Malasari untuk mengurus fatwa MA yang akan meloloskan Djoko dari hukuman MA dalam kasus korupsi hak tagiih (cessie) Bank Bali dengan putusan vonis 2 tahun penjara.

Dilansir cnnindonesia, Djoko menyuap Pinangki dengan uang sebesar US$500 ribu yang diberikan melalui perantara politikus Partai NasDem, Andi Irfan Jaya. Lalu Djoko menyuap dua jenderal polisi guna membantu menghapus namanya dari DPO di Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Suap yang diberikan Djoko kepada eks Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Napoleon Bonaparte dan eks Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjem Prasetijo Utomo berjumlah sekitar Rp. 8 miliar dan terbukti setelah itu nama Djoko berhasil terhapus dari DPO. Djoko setelah itu bisa masuk ke wilayah Indonesia secara sah dan tidak ditangkap karena tidak berstatus sebagai buronan.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: