Bandung Terkini

Dua Dinas di Kota Bandung Berhasil Meraih Penghargaan Pelayanan Publik

BANDUNG – Dua Dinas di Kota Bandung meraih penghargaan sebagai salah satu Kota Penyelenggaraan Pelayanan Publik terbaik yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Selasa (09/03/21).

Dinas yang diberikan penghargaan yakni Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpdu Satu Pintu. Kedua dinas tersebut berhasil mendapatkan predikat A dalam kategori Pelayanan Prima Tahun 2020.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung Tatang Muhtar mengatakan jika pihaknya telah menetapkan standar pelayanan bagi masyarakat dan telah mengoptimalkan Permen PANRB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Pandemi membuat pelayanan di Disdukcapil Kota Bandung menjadi online dengan menggunakan inovasi yang telah diciptakan. Inovasi yang telah diciptakan yakni melalui aplikasi SALAMAN (Selesai Dalam Genggaman), aplikasi e-PunTEN (Elektronik Pendaftaran Penduduk Tidak Permanen), aplikasi PEMUDA (Pemutakhiran Data Mandiri) dan layanan yang melalui e-mail.

“Sehingga mengurus dokumen kependudukan secara online cukup di rumah saja,” ujar Tatang, dilansir Humas Kota Bandung, Selasa (09/03/21).

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin mengatakn jika ada enam indicator yang menjadi perhatian DPMPTSP dalam memberikan pelayanan bagi publik.

“Sesuai Permen PANRB yakni kebijakan pelayanan, meingkatkan perofesionalisme SDM, sarana dan prasarana pelayanan, sistem informasi pelayanan berbasi SPBE. Alhamdulillah kami sudah menerapkan sistem online semua, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan,” ungkap Ronny, dilansir Humas Kota Bandung, Selasa (09/03/21).

Ronny dan Tatang berharap penghargaan tersebut mampu membangkitkan semangat para pelayan publik untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Bandung. Penghargaan diberikan setelah dilakukan serangkaian evaluasi penyelenggaraan pelayanan kinerja lingkup Pemerintah Daerah tahun 2020 yang dilakukan oleh Kemenpan RB kepasa 221 kabupaten/kota di Indonesia.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: