Berita TerkiniOtomotif

Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Membeli Ban

BANDUNG – Salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil adalah ban mobil. Ban mobil diibaratkan sebagai alas kaki mobil. Walaupun tampak sederhana, karet bundar ini ternyata berpengaruh banyak pada performa dan kenyamanan mengemudi.

Apabila di kondisi harus mengganti ban, ada banyak hal yang harus diperhatikan. DFSK mewanti-wanti setidaknya ada 5 faktor yang harus diperhatikan ketika hendak mengganti ban:

  1. Perhatikan Ukuran Ban

Setiap ban mobil punya ukuran yang berbeda-beda. Untuk itu, perlu memperhatikan tipe dan ukuran ban. Bisa dengan mengecek ukuran ban yang tepat untuk mobil tersebut pada plakat atau tulisan yang terdapat di pintu atau laci dashboard. Kadang juga ada di belakang tutup tangki untuk mengisi bahan bakar. Kalau tidak menemukan panduan ukuran dan tipe ban mobil, coba cari di ulasan spesifikasi yang bisa kamu cari di internet atau akan lebih baik lagi jika langsung menanyakannya ke dealer resmi terdekat.

  1. Perhatikan Lebar dan Pola Tapak Ban

Setelah memperhatikan ukuran ban, jangan lupa juga untuk memperhatikan lebar ban tersebut. Biasanya daya cengkram ban akan semakin tinggi jika ukuran bannya semakin lebar. Karena itu, lebih baik pilih ban yang lebar dan bukan ban yang kecil (lebih tipis).

Tidak hanya lebar, perlu memperhatikan pola tapak ban yang cocok dengan mobil ketika membelinya. Pola tapak ban disarankan sesuai dengan daerah tempat tinggal.

Jika tinggal di daerah yang punya curah hujan yang tinggi, disarankan memilih pola tapak ban berbentuk V. Alur bentuk V sangat baik untuk menghalau air ketika melaju di jalan yang basah atau tergenang.

Adapula tapak ban asimetris. Tapak ban asimetris ini maksudnya memiliki model alur yang berbeda bagian luar dan dalam. Umumnya ban memiliki tapak yang simetris, sehingga bentuk alurnya sama. Nah, tapak ban dengan alur asimetris ini memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan tapak ban simetris, sehingga dapat digunakan di jalan basah maupun kering.

  1. Perhatikan Ketebalan Ban

Mengecek ketebalan ban penting dilakukan agar perjalananmu di jalan yang rusak sekalipun bisa berjalan mulus tanpa gangguan yang berarti.  Perusahaan ban umumnya menetapkan standar khusus untuk ketebalan setiap ban yang diproduksinya untuk menghindari beberapa resiko kenyamanan dan keamanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko buruk bagi si pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

  1. Pilih Ban Sesuai Kebutuhan

Kalau mobil tersebut adalah alat transportasi sehari-hari maka pilihlah ban mobil yang nyaman. Jika kebutuhannya untuk melintasi daerah yang basah setiap hari, berarti kebutuhan alur pola tapak ban punya peran paling penting.

  1. Perhatikan Kode Kecepatan

Ban mobil memiliki keterbatasan seperti mesin umumnya. Sebelumnya bisa melihat kode kecepatan pada huruf terakhir dari kode yang ada di ban mobil. Jika suka memacu mobil dengan kencang atau hingga kecepatan maksimal, harus memastikan bahwa ban dapat bertahan dengan baik.

Dalam hal ini ban dapat bertahan pada panas yang diakibatkan oleh rotasi ban yang berputar dengan kencang. Bisa memperhatikan contoh kode P195/55/R15 84V, terdapat huruf V di bagian paling belakang yang menunjukkan kecepatan maksimal yang mampu diatasi oleh ban mencapai 240 km/jam.

Source: medcom.id

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: