Bandung Terkini

Haru Suandharu Takjub Melihat Mural Permainan Anak di RW 05 Kelurahan Cikutra

BANDUNG – Kreativitas warga Kota Bandung memang tak ada yang menandingi. Kali ini kreativitas datang dari RW 05, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, yang memiliki mural yang bertemakan permainan anak-anak. Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PKS, Dr. Haru Suandharu, S. Si., M. Si., hadir langsung melihat hasil kreativitas yang dirancang dan dibuat oleh warga RW 05 Kelurahan Cikutra, pada Rabu (10/03/21).

Haru takjub dan bangga melihat hasil mural yang diimplemantasikan di jalanan aspal dan dinding rumah warga. Warna-warni yang menarik membuat setiap orang yang melewat penasaran dan ingin mencaritahu ada apa di sekitar area RW 05 Keluharan Cikutra ini dan ternyata terdapat mural yang menghiasi jalanan.

“Saya sangat mengapresiasi, sebentulnya ini yang saya cari model-model begini. Ternyata ini luar biasa untuk model di kota,” ungkap Haru dengan wajah takjub.

Hasil karya warga RW 05 Kelurahan Cikutra, menurut Haru sudah menjalanan visi Provinsi Jawa Barat, yakni ingin berjuang lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi. Haru berharap inovasi seperti ini bisa dikembangkan dan diikuti oleh wilayah lain yang ada di Jawa Barat khususnya Kota Bandung.

“Ternyata ini luar biasa, mudah-mudahan bisa menginspirasi, kalau tadikan di Cikutra pun ini baru pertama, begitupun di Cibeunying Kidul sama baru pertama juga,” takubnya.

Ketua RW 05, Ridwan Muharam merasa senang karena anggota DPRD Jawa Barat Haru Suandharu bisa hadir untuk melihat secara langsung hasil inovasi warga RW 05 Kelurahan Cikutra. Ridwan bercerita, awal mula terciptanya mural karena keresahan yang dirasakan Ridwan selaku Ketua RW dan para warga RW 05, mereka merasa PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang dilakukan anak-anak saat ini lebih mendorong anak kearah yang negatif, yakni lebih sering bermain gadget.

“Tadinya saya dan warga RW 05 merasa khawatir lihat anak kecil yang kondisi sekarang banyak yang kegiatannya di rumah dan aktivitasnya negatif. Banyak megang gadget dan hal-hal yang kurang baik,” tutur Ridwan.

Alasan tersebut membuat Ridwan dan masyawakat RW 05 ingin membuat mural bertemakan permainan anak-anak yang penuh dengan lukisan warna-warni. Ridwan merasa bangga dan beruntung karena ternyata banyak sekali warganya yang memiliki bakat seni lukis, itu yang membuat ide mural ini lebih cepat terealisasi.

“Kebetulan di RW 05 banyak seniman yang berbakat dalam hal seni lukis. Akhirnya berkolaborasi dan terwujudnya seperti saat ini. Sengaja sama saya dibuat mural dijalan bertemakan permaianan anak dan melestarikan budaya sunda, disini ada permainan jaman dulu seperti sondah, dam-daman dan ular tangga,” tuturnya.

Ternyata RW 05 Kelurahan Cikutra merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Cibeunying Kidul yang menerapkan program Buruan Sae. Tak hanya pembuatan mural, dalam hal ketahanan pangan pun RW 05 Kelurahan Cikutra memiliki tanaman sayur-sayuran serta memiliki bina perikanan yang bekerjasama dengan dompet dhuafa.

Haru Suandharu menginginkan RW 05 Kelurahan Cikutra menjadi Kampung Wisata, Kampung Sehat dan Kampung Literasi, karena potensi yang dimiliki RW 05 Kelurahan Cikutra sangalah mumpuni untuk mengolah ide dan inovasi. Hal tersebut pun di harapkan pula oleh Lurah Kelurahan Cikutra, Asri Desiyani, S. IP., yang ingin RW 05 Kelurahan Cikutra menjadi kampung yang berliterasi tinggi.

“Saya bangga terkait apa yang dilakukan di RW 05 ini, saya akan mendukung RW 05 untuk menjadi kampung literasi dan kampung ramah anak, bahkan harapan tertinggi saya, ingin sekali menjadikan RW 05 menjadi kampung wisata,” harap Asri,

Haru selaku anggota DPRD Jawa Barat akan terus memberi dukungan kepada RW yang memiliki ide dan kreativitas yang luar biasa. Karena memberikan contoh yang baik bagi wilaayah lain di Jawa Barat.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: