Berita TerkiniTips dan Trik

Hewan Peliharaan Ternyata Bisa Terkena Covid-19, Begini Cara Melindunginya!

BANDUNG – Ternyata hewan bisa terinfeksi Covid-19 terutama hewan-hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Berdasarkan riset yang telah dilakulan oleh Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDS) Amerika Serikat, mengatakan jika pada pertengahan Januari telah ada 187 hewan dari 22 negara yang terkonfirmasi infeksi SARS-CoV-2, namun belum ada kematian yang disebutkan.

Jangan khawatir, Dr, Casey Barton Behravesh dari CDC mengatakan jika tingkat penyebaran Covid-19 hewan ke manusia dianggap masih rendah, namun tetap harus berjaga-jaga jika hewan peliharaan mengalami gejala batuk atau bersih, demam, lesu, muntah dan diare. Menurut data 53 persen hewan yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala.

Berikut cara melindungi hewan peliharaan dari Covid-19 menurut CDC, yang dilansir cnnindonesia:

  1. Memperlakukan hewan peliharaan dengan cara yang sama seperti anggota keluarga manusia untuk melindungi mereka dari Covid-19, termasuk membatasi kontak dengan orang-orang di luar rumah.
  2. Memelihara kucing di dalam rumah demi mencegah hewan peliharaan lain berkeliaran dengan bebas.
  3. Masker tidak boleh dikenakan pada hewan peliharaan, karena dapat membahayakan
  4. Orang yang terinfeksi harus menghindari kontak dengan hewan peliharaan, artinya dilarang berciuman, berpelukan atau tidur di ranjang yang sama
  5. Saat terkena virus corona minta anggota rumah lain untuk merawat hewan peliharaannya. Jika itu tidak memungkinkan, CDC mengatakan orang-orang harus memakai masker saat berinteraksi dengan hewan peliharaan mereka
  6. Jika mencurigai hewan peliharaan terkena virus corona harus berkonsultasi dengan dokter hewan.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: