Uncategorized

Huawei Sudah Bebas Sanksi,Google Masih Timbang-Timbang Untuk Android

Fokusbandung.com – Sebagian pihak meyakini dengan melunaknya presiden Amerika Serikat, Donald Trump, soal sanksi Huawei berarti bahwa Huawei sudah bebas lagi menggunakan Android. Tapi sejauh ini, belum ada kepastian soal itu.

Seperti diberitakan, sanksi pada Huawei dikendurkan oleh Trump, di mana perusahaan-perusahaan AS diperbolehkan lagi berbisnis dengan mereka. Tapi ditegaskan kemudian bahwa teknologi sensitif yang berkaitan dengan keamanan nasional AS tetap akan dibatasi.

Belum dijelaskan pula perusahaan mana saja yang bisa menjual teknologinya lagi ke Huawei. Google pun ternyata masih menganalisis apakah boleh kembali mempersilakan Huawei memakai sistem operasi Android dengan bebas seperti sebelumnya.
“Kami sedang membicarakannya dengan Departemen Perdagangan untuk memastikan kami benar-benar mematuhi persyaratannya,” sebut juru bicara Google yang dikutip detikINET dari CNN.

Huawei juga belum banyak memberi tanggapan. “Kami mendengar komentar presiden AS terkait Huawei dan belum ada komentar lebih lanjut pada saat ini,” sebut Huawei.

Seperti diketahui pada bulan lalu, Google melarang Huawei memakai versi penuh dan aplikasi Android di smartphone-nya untuk mematuhi peraturan AS. Kemudian diberlakukan masa tenggang sampai bulan Agustus sehingga Huawei masih dapat memakai Android sampai bulan itu.

Mengantisipasi sanksi AS berjalan permanen, Huawei telah mempersiapkan OS sendiri bernama Hongmeng atau Oak OS. Bahkan ponsel yang menjalankannya kabarnya sudah siap diluncurkan. Tapi pakar berpendapat akan lebih baik jika mereka tetap dapat memakai Android yang sudah sangat populer.

“Dengan asumsi bahwa Google bukan lagi sebuah masalah dan mendapatkan lisensi untuk menjual pada Huawei, itu adalah angin segar bagi Huawei,” ujar Bryan Ma, analis di biro riset IDC.

Source :Detik.com

Related Articles

4 Comments

  1. Nice blog right here! Additionally your web site so
    much up very fast! What host are you the use of?
    Can I am getting your affiliate hyperlink in your host?
    I desire my web site loaded up as fast as yours lol

  2. I’m not sure exactly why but this site is loading incredibly slow for
    me. Is anyone else having this problem or is it a problem on my end?
    I’ll check back later and see if the problem still exists.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
%d bloggers like this: