Bandung TerkiniUKM

Ibu-Ibu PKK Kelurahan Sadang Serang Mampu Membuat Pupuk Humus Tanpa Bau Sampah

BANDUNG – Program Pemerintah Kota Bandung yaitu Buruan Sae dan Kang Pisman membuahkan hasil yang positif. Ibu-ibu PKK Kelurahan Sadang Serang telah membuktikan hal itu secara langsung dengan membuat produk pupuk humas organik cair yang berasal dari sisa-sisa makanan, Kamis (01/01/20).

Sisa-sisa makanan tersebut diolah menjai humus. Namun, humus yang dihasilkan berbeda dengan humus cair lain, karena humus tersebut tidak berbau sampah yang menyengat.

“Dengan humus ini tanaman tumbuh sangat bagus sehingga ada nilai jual, walaupun dijualnya ke penduduk sekitar,” tutur Sartje Herlina selaku Ketua RW 09, Kelurahan Sadang Serang.

Program Buruan Sae dan Kang Pisman memberikan hasil yang positif untuk kegiatan masyarakat Kota Bandung. Karena program tersebut bertujuan unruk  ketahanan pangan masyarakat serta penanggulangan sampah. Serta program ini mampu mengedor krativitas masyarakat dan menciptakab pelaku UMKM baru. Seperti ibu-ibu PKK Kelurahan Sadang Serang yang mengatasnamakan kelompok berkebun (kelbon) Sadang Serang.

Tak hanya pupuk humus organik yang dihasilkan ibu-ibu PKK Sadang Serang, namun dapat pula membuat sabun cuci tangan batangan dan sabun cair yang bahannya dari lidah buaya, kunyit dan gula aren.

“Kami ingin memproduksi lebih banyak hasil dari olahan daerah kami, sepatutnya pemerintah bisa membantu dalam pemasarannya serta dapat membantu untuk memperoleh izin dari BPOM,” lanjut Sartje.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: