Berita Terkini

Ingat! PPKM bukan PSBB yang akan di Berlakukan 11-25 Januari 2021

BANDUNG – Penyebaran virus corona di Indonesia belum juga berakhir, masih banyak kota dan kabupaten yang memberi informasi kenaikan pasien positif covid-19 setiap harinya. Maka dari itu Menteri Dalam Negeri, Tito Karbavian mengambil keputusan untuk menerapkan pembatasan di wilayah Jawa-Bali yang tertuang dalam Instruksi Menteri Nomor 1 Tahun 2021.

Namun pembatasan kali ini bukan dinamakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang diterapkan ketika awal pandemi, akan tetapi dinamakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartanto menyebutkan jika kebijakan tersebut merupakan pengendalian pandemi covid-19 yang ada di Indoneisa. PPKM sendiri akan berlaku di Jawa-Bali dari tanggal 11 Januari sampai 25 Januari 2021.

“Kami tegaskan ini bukan pelarangan kegiatan masyarakat, jadi masyarakat jangan panik,” ujar Airlangga dilansir dari nasional.kontan.co.id

Lantas apa perbedaan PPKM dan PSBB?

Pertama, PPKM yaiu pembatasan berskala mikro, penerapannya akan diatur oleh pemerintah masing-masih daerah.

Kedua, jika PSBB inisiatif awal berupa pengajuan pembatasan ada di pemerintah daerah, namun jika PPKM pembatasan daerah ada ditangan pemerintah pusat. Otomatis pemerintah daerah jika disuruh langsung dari pusat melaksanakan PPKM, hal itu harus cepat dilakukan.

Berikut daftar kota yang menjadi prioritas PPKM:

  1. DKI Jakarta (seluruh wilayah)
  2. Jawa Barat (Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Bandung Raya)
  3. Banten (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan)
  4. Jawa Tengah (Semarang Raya, Banyumas Raya, Kota Surakarta sekitarnya)
  5. Yogyakarta (Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Sleman dan Kabupaten Kulonprogo)
  6. Jawa Timur (Surabaya Raya, Malang Raya)
  7. Bali (Kabupaten Badung, Kota Denpasar)

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: