Berita TerkiniTeknologi

Instagram Lite Rilis, Lebih Hemat Kuota

BANDUNG – Facebook telah menguji Instagram Lite selama beberapa lama, dan akhirnya secara resmi merilis aplikasi tersebut. Aplikasi baru ini mengonsumsi data lebih sedikit dan menggunakan sumber daya pada ponsel lebih sedikit.

Aplikasi ini akan menarik pengguna smartphone kelas low-end dan tinggal di wilayah dengan konektivitas jaringan tidak stabil. Mengutip GSM Arena, aplikasi ini hanya berukuran 2MB dan tidak berbekal fitur berat atau animasi kaya data.

Pengembang Instagram juga menghapus transisi kubus, filter Augmented Reality (AR) berat, namun menyisakan GIF dan stiker yang dapat diaplikasikan ke Stories. Fitur utama lain yang diperkenalkan pada aplikasi ini adalah opsi Dark Mode.

Sebagai pengingat, opsi ini memungkinkan pengguna mengganti latar belakang dari berwarna putih ke hitam, dan huruf pada teks berwarna abu-abu. Facebook mengatakan alasannya adalah orang-orang yang tinggal di area komunal dan dekat akan dapat menjelajah secara lebih pribadi dan tidak mengganggu orang-orang di sekitar mereka.

Aplikasi Instagram Lite telah tersedia di Google Play Store di lebih dari 170 negara, dan dapat diunduh dan digunakan oleh masyarakat terlepas dari jaringan atau perangkat yang digunakan. Facebook juga menjanjikan perilisan global ke seluruh negara dan wilayah dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Instagram dilaporkan akan memperkenalkan fitur serupa caption layaknya pada platform berbasis video seperti YouTube, pada fitur Stories. Informasi ini ditemukan Matt Navarra pada jejaring sosial Twitter.

Mengutip Ubergizmo, cara kerja fitur ini tergolong mudah yaitu saat pengguna membuat Story, pengguna akan menemukan opsi untuk menambahkan stiker caption. Stiker ini bertindak sebagai titik semat untuk caption pengguna.

Source: medcom.id

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: