Bandung Terkini

Jadi Pengurus RT/RW di Bandung Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Sebanyak 1.500 pengurus RT/RW se-Kota Bandung menjadi peserta dan mendapatkan perlindungan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan. Hal tersebut bagian dari komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam upaya memperluas cakupan kepesertaan di Kota Bandung.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci, Suhedi mengatakan pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan angka kepesertaan tersebut. Salah satunya dengan gencar melakukan sosialisasi dan pro aktif membangun komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat tentang pentingnya perlindungan sosial. Pasalnya, hingga saat ini jumlah tenaga kerja, khususnya informal yang telah terdaftar menjadi peserta masih sangat minim.

“Komitmen yang kami jalin ini merupakan tanggung jawab kami dalam mengimplementasikan amanah undang-undang untuk memberikan perlindungan sosial bagi seluruh pekerja, khususnya kepada pengurus RT/RW se-Kota Bandung,” ujarnya di sela Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Forum RW Kota Bandung, belum lama ini.

Penandatanganan dilakukan antara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci, Suhedi, Sekda Kota Bandung, Emma Sumarna, dan Ketua Forum RW Kota Bandung, Robbiana Dani Awaludin.

Sesuai amanat UU No. 24 Tahun 2011 BPJS Ketenagakerjaan sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial wajib memberikan perlindungan terhadap risiko sosial ekonomi yang mungkin dialami oleh tenaga kerja. Per 1 Juli 2015 BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan 4 Program, yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP). Kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan dikategorikan Penerima Upah (PU) dan Bukan Penerima Upah (BPU).

Suhedi mengatakan perjanjian kerja sama tersebut akan berjalan hingga tiga tahun ke depan dengan memaksimalkan fungsi anggaran untuk kepesertaan selanjutnya.

“Perlindungan jaminan sosial sampai saat ini masih terlindungi dalam program JKK dan Jkm saja, jika memungkinkan ke depan bisa juga akan ikut dalam perlindungan program Jaminan Hari Tua,” ujar Suhedi.

Ketua Penyelenggara Rakorda (Pengurus Forum RW), Meidi Moch Sidik meyampaikan terima kasihnya atas dukungan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan. Ia juga mengimbau seluruh pengurus forum RW di kecamatan agar segera mendaftarkan pengurus RT/RW-nya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

source: pikiran-rakyat.com

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: