Bandung Terkini

Jangan Pernah Meminjam Uang ke Rentenir, Apalagi Berkedok Koperasi dan Pinjaman Online

BANDUNG – Tak semua masyarakat bisa menuntaskan masalah pengeluaran yang semakin hari semakin bertambah. Ketika sudah bingung harus membayar dengan bagaimana caranya, rata-rata masyarakat memilih cara mudah tanpa syarat dengan diiming-imingi jaminan padahal tidak, yaitu menggunakan jasa rentenir. Maka dari itu, karena permasalahan rentenir Wali Kota Bandung, Oded M. Danial bersama Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana ingin menepati janji politiknya, yaitu membantu masyarakat yang terjerat rentenir.

Satgas Anti Rentenir Kota Bandung sudah terbentuk tiga tahun lalu. Selama menjalani tugasnya, Satgas Anti Rentenir sudah menerima atau melayani sekitar 5.720 pengaduan dari masyarakat yang menjadi dan terjerat korban rentenir.

“Ini seperti puncak gunung es. Kelihtannya di permukaan itu tidak banyak, mungkin banyak yang malu atau seperti apa. Ini juga harus terus sosialisasi, mungkin banyak juga yang belum tau Satgas Anti Rentenir,” ujar Yana, dikutip dari Humas Kota Bandung, Selasa (19/01/21).

Dilansir dalam Humas Kota Bandung, Yana mengatakan jika Satgas Anti Rentenir bukan berarti membantu masyarakat untuk membayar hutang sepenuhnya. Akan tetapi, membantu memfasilitasi orang-orang yang terjerat rentenir untuk  bisa menyelesaikan masalahnya lewat bantuan lembaga keungan atau yang lainnya.

Sementara itu, Ketua Umum Satgas Anti Rentenir, Atet Dedi Handiman yang juga Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Kota Bandung mengatakan jika Dinas KUMKM merasa terbantu dengan adanya Satgas Anti Rentenir.

Dalam menjalani tugasnya, Satgas Anti Rentenir memiliki visi yaitu mewujudkan Kota Bandung sebagai kota yang bebas rentenir dengan membantu para kran rentenir. Termasuk memverifikasi serta mengawasi rentenir berkedok koperasi.

 

Source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: