Berita TerkiniOtomotif

Jangan Pernah Menaruh Parfum Di Kisi-Kisi AC Mobil

BANDUNG – Pasti bagi setiap pengguna dan pemilik mobil ingin sekali jika mobilnya beraroma segar atau setidaknya tidak bau apek. Berbagai cara dilakukan dengan membeli parfum atau pengharum kabin yang sudah banyak dijual dipasaran dan bisa dipilih sesuai selera. Namun, sebaiknya ketika membeli parfum untuk mobil disarankan tidak memilih parfum yang bisa membuat komponen mobil menjadi rusak.

Dilansir dari kompas.com, menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, biasanya parfum yang dapat membuat komponen mobil menjadi rusak yaitu parfum yang diletakan dekat kisi-kisi AC berbahan gel yang tanpa disadari memiliki efek buruk bagi sistem pendingin udara.

“Tidak disarankan meletakkan pewangi di ventilasi AC, apalagi yang berbahan gel dan memiliki aroma buah dan asam. Bila terus menerus digunakan, itu lama-lama membuat bahan kimia di pewangi bisa terserap ke dalam evaporator AC,” ungkap Suparna, seperti dilasir kompas.com

Jika bahan kimia dari parfum terserap ke evaporator makan akan menimbulkan kerusakan yang membuat evaporator harus dibongkar atau bisa juga menimbulkan kerak pada pipa yang menyalurkan udara dngin ke kabin, yang jika terjadi penumpukan maka kesejukan di dalam mobil akan berkurang.

Suparna menyarankan untuk menggunakan parfum yang biasa saja. Diutamakan menggunakan parfum yang digantung di atas spion tengah atau menyemprotkan pengharum ruangan rumah.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: