Bandung TerkiniCovid-19

Jika Sudah Sembuh Covid-19, Donor Yuk Bantu Sesama!

BANDUNG – Pemerintah pusat mencanangkan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen, Senin (18/01/21).  Terapi plasma konvalesen adalah plasma darah yang didapatkan dari proses donor dari para penyitas covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh. Lalu kemudian plasma tersebut didonorkan untuk meningkatkan antibodi kepada pasien covid-19. Ini merupakan salah satu cara mengobati pasien covid-19 yang bergejala.

“Tujuannya untuk memberikan terapi menambah atau meningkatkan antibodi bagi pasien covid-19. Tapi ada ketentuannya, yaitu bukan OTG (Orang Tanpa Gejala) tetapi donor yang pernah dirawat di rumah sakit dengan gejala,” ucap Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Bandung, Uke Muktimanah, seperti dikutip Humas Kota Bandung, Senin (18/01/21).

Uke menyampaikan dalam memproses donor plasma konvalesen tentu ada syarat-syarat, yaitu berusia antara 18-60 tahun, berat badan diatas 50 kg dan sudah negatif ketika di test PCR. Pendonor bisa mendonorkan plasma 14 hari setelah sembuh sampai dengan 12 minggu.

“Kalau sudah memenuhi syarat. Datanglah ke PMI. Nanti ada protokolnya diperiksa antibodi yang harus sesuai standar,” lanjut Uke.

Proses melakukan donor plasma konvalesen berbeda dengan donor darah pada umumnya. Pengambilan donor plasma konvalesen menggunakan metode apheresis. Mesin tersebut akan terkumpul komponen plasmanya saja.

Jika ingin mendonorkan plasma konvalesen bisa langsung datang ke PMI Kota Bandung. Karena PMI Kota Bandung sudah memenuhi sertifikasi CPOB (Sara Pembuatan Obat yang Baik) dari BPOM. Itu salah satu syarat untuk bisa melakukan donor plasma konvalesen.

Namun, PMI Kota Bandung juga sudah bekerjasama dengan rumah sakit rujukan covid-19 agar pasien yang sudah sembuh atau mendonorkan darahnya ke PMI Kota Bandung.

 

Source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: