Berita TerkiniJawa Barat

Kabupaten Bandung Go International, Ekspor Kopi Arabika Speciality ke Jerman

BANDUNG – Kopi specialty jenis arabika Kabupaten Bandung akan melambung ke Kota Hamburg Jerman, pada Rabu (24/02/21) kemarin. Karena ada skema ekspor kolaborasi antara Rimbun Jaya Abadi dan Gravfarm membuat kopi yang ada di Kabupaten Bandung akan diterbangkan ke Eropa. Kualitas yang tak diragukan membuat negara-negara lain tertarik terhadap kopi yang ada di Kabupaten Bandung.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Bandung Marlan mengungkapkan jika kopi yang akan diekspor bernilai hampir 14 dollar per kilogram. Kopi jenis arabika unggulan Kabupaten Bandung sudah diminati para pecinta kopi mancanegara. Timur Tengah, Australia, New Zealand dan beberapa negara lainnya menjadi negara yang meminati kopi arabika Kabupaten Bandung.

Marlan membeberkan dalam mengekspor kopi ke luar negeri maka harus ada stradarisasi dan pembinaan untuk menjamin kualitas dan kesinambungan ketersediaan barang yang akan diekspor. Kabupaten Bandung berpotensi dalam bisnis ekspor kopi specialty karena memiliki luas lahan yang cukup besar dan peningkatan dari sisi pengolahan.

Namun, tak semua kopi yang ada di Kabupaten Bandung bisa diekspor. Karena setiap negara memiliki standarisasi kopi yang berbeda-beda

“Melihat persaingan usaha dan kualitasnya, Kabupaten Bandung sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun untuk mengirim barang ekspor diperlukan bang yang sesuai standar yang diminta. Di sini petani dituntut harus jujur, dengan standar kualitas kopi speciality yang jelas. Jangan sampai yang menjadi contoh kualitas A tapi yang dikirim kualitas B,” ungkap Marlan, dilansir Humas Kabupaten Bandung, Rabu (24/02/21).

source: Humas Kabupaten Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: