Bandung TerkiniKomunitas

Kampung Sampeu Akan Hadir Di Bandung

Singkong atau sering disebut juga sampeu oleh masyarakat Bandung  merupakan bahan makanan yang tidak asing bagi masyarakat Kota Bandung.bahan sampeu bila di olah dengan cara fermentasi maka akan menjadi makanan khas Kota Bandung yaitu peuyeum .

Andri Rusmana, S.pd.I, Salah Satu Anggota Legisatif Kota Bandung bersilaturahim dengan masyarakat RW 12 Kelurahan pasir impun kecamatan Mandalajati, pria yang akrab dipanggil Kang Haji ini, berdialog dengan masyarakat mengenai relaksasi ekonomi dampak pandemic covid-19. Didampingi dengan para tim ahli dan pendamping Coworking Space(CWS) Disbudpar Kota Bandung.

Kang haji melihat banyak sekali potensi di RW 12 mandalajati yang dapat direalisasikan dalam relaksasi ekonomi, salah satunya dengan olahan sampeu, dengan daerah yang memiliki lahan yang luas banyak ditanami kebun singkong oleh masyakarat sekitar serta peran aktif dan kreatif ibu-ibu majelis ta’lim masjid An-nur RW 12 mandalajati membuat kang haji yakin potensi untuk bangkit sangat terbuka lebar bila diperjuangkan bersama-sama.

“Bagi saya RW 12 sangat cocok bila dijadikan desa wisata Kampung sampeu dengan dukungan geografi serta peran aktif dan kreatif ibu-ibu disini,apalagi disini terdapat kang anam dan teh rika yang merupakan pemuda-pemudi pendamping CWS dari Disbudpar yang akan membantu dan mendampingi masyarakat dalam pengolahan dan pemasaran produknya “. ujar kang haji .

Terlihat didalam acara silaturahim ini masyakarat sangat antusias bahkan menurut salah satu masyarakat disana, “Silaturahim ini membuat kita mempunyai harapan untuk bangkit,semoga dengan adanya Kampung Sampeu di daerah kami,membuat perekonomian dan kesejahteraan masyakarat disini terangkat” ujar Pak Dadang .

Kang Haji berharap semoga dengan adanya Kampung Sampeu di Kota Bandung kedepan selain membangkitkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,harapan kang haji berharap kampung sampeu ini menjadi icon baru Kota Bandung yang dapat dikenal di dunia pariwisata local bahkan internasional.

By: Reza Azhari, SE

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: