Bandung Terkini

Kang Pisman Membuat Kota Bandung Meraih Penghargaan

BANDUNG – Kota Bandung mendapatkan penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah tahun 2020 yang diberikan dalam acara puncak Hari Peduli Sampah Nasional 2021. Penghargaan tersebut didapatkan setelah pemerintah membuat program dalam mengupayakan pengelolaan sampah dengan Gerakan Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan).

Kang Pisman mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat dan dapat dijadikan percontohan pengelolaan sampah untuk daerah lain. Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas dan Edukasi Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Syahriani mengatakan jika Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berhasil mendapatkan penghargaan yang dinilai oleh pihak paling kompeten.

“Keberhasilan Gerakan Kang Pisman secara objektif telah dinilai oleh pihak yang paling berkompeten yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Pemkot Bandung mendpatkan penghargaan bersama satu pemerintah provinsi dan 13 pemerintah kota/kabupaten se-Indonesia,” ujar Syahriani, dilansir Humas Kota Bandung, Selasa (23/02/21).

Kriteria yang ditentukan dalam penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah terdiri dari empat kriteria, diantaranya; pertama, memiliki Kebijakan dan Strategi Daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Jakstrada); kedua, Kota Bandung memiliki kebijakan terkait pengurangan sampah plastik yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong dan Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung Nomor 37 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Kota Bandung tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik;

Ketiga, adanya implementasi kebijakan pengurangan sampah plastik; keempat, adanya inovasi dan kreativitas tentang pengurangan sampah; kelima, kinerja fasilitas pengolahaan sampah sebelum dibuang ke TPA.

Kelima kriteria tersebut telah dimiliki oleh Kota Bandung, sehingga Kota Bandung berhak mendapatkan penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah. Lalu Gerakan Kang Pisman sangat berdampak pada jumlah tonase sampah yang dibuang ke TPA. Sepanjang 2020 penurunan tonase sampah sebesar 0.47 persen.

“Indikator pengurangan sampah di Kota Bandung merupakan ukuran keberhasilan Gerakan Kang Pisman. Karena memang dalam perjalanannya sudah banyak inovasi yang merupakan implementasi dari Gerakan Kang Pisman,” lanjut Syahriani.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: