Berita TerkiniCovid-19Nasional

Kasus Mutasi Corona dari Inggris Sudah Ada di Indonesia!!

BANDUNG – Varian baru virus Corona dari Inggris SARS-CoV-2 B117 ternyata sudah ada di Indonesia. Kabar tersebut dikatakan oleh Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil pada Rabu (03/03/21). Karena di Karawang ada yang terkena varian baru corona yang tak hilang setelah 10 hari isolasi.

“Virus varian UK 117 terdeteksi ada di Karawang dari warga Karawang yang berpergian dengan pesawat Qatar Airways. Sesuai prosedur mendarat kemudian diisolasi 10 hari sudah dilaksanakan. Namun ternyata isolasi 10 hari sudah, tetapi virusnya tidak mau hilang,” ungkapnya, dikutip cnnindonesia, Rabu (03/03/21).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Karawang Fitra Hergyana mengatakan jika dua orang tersebut merupaka TKI yang sebenernya sudah melakukan isolasi di Jakarta, karena ketika mendarat di Jakarta dua orang tersebut positif corona.

“Setelah menjalani isolasi, hasil tes swab mereka negatif dan sudah diizinkan pulang ke Karawang. Jadi keduanya pulang ke Karawang dengan hasil negatif,” ungkap Fitra, dikutip cnnindonesia, Rabu (03/03/21).

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil langsung menginstrusikan agar Satgas Penanganan Covid-19 langsung melakukan pelacakan erat kontak kedua pasien dan melakukan testing. Lalu tak lupa ia meminta kepala daerah dan aparat kewilayahan di Karawang untuk bergerak cepat mengatasi temuan mutase virus corona B117 agar tak melakukan penyebaran yang luas.

Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito akan memperkuat pengamanan protokol kesehatan di pintu masuk bandara dan pelabuhan.

“Jika memang ada kasus varian baru tersebut maka petugas di lapangan segera mengisolasi dan menjamin kasus positif harus menjadi negatif dahulu untuk bisa melanjutkan aktivitasnya demi mencegah penularan yang lebih luas,” ujarnya.

Dilansir cnnindonesia, Mutasi virus yang diketahui pertama kali ditemukan di Inggris itu kini telah menyebar di lebih dari 33 negara. Mutasi virus SARS-CoV-2 B117 juga dinilai memiliki kemampuan lebih cepat menyebarkan virus.

Setidaknya hingga saat ini,  pemerintah telah melaporkan dua kasus kasus mutasi virus SARS-CoV-2 B117 di Indonesia pada Selasa (2/3) kemarin. Temuan mutasi virus itu kemudian diidentifikasi berasal dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang datang dari Saudi Arabia.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: