Bandung TerkiniBerita Terkini

Kelurahan Kebon Jayanti, Kelurahan di Kota Bandung dengan Nol Kasus Covid-19!

BANDUNG – Menakjubkan! Satu kata yang mampu diberikan untuk warga dan petugas Kelurahan Kebon Jayanti, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung karena hampir setahun pandemi Covid-19 ada di Indonesia, kelurahan tersebut belum mencatatkan satupun warganya yang terpapar Covid-19.

Lurah Kebon Jayanti, Abdul Manaf merasa bersyukur karena daerahnya tersebut masih mencatatkan nol kasus positif. Padahal Kelurahan Kebon Jayanti termasuk kelurahan yang padat penduduk, dengan luas wilayah sekitar 27 hektar dan dihuni oleh 13.474 orang yang tersebar di 14 RW dan 89 RT.

“Alhamdulillah zona hijau, sejak awal pandemi Maret 2020 sampai sekarang sudah satu tahun warga kami tidak ada yang terpapar Covid-19, semua sehat,” ujar Manaf, dilansir Humas Kota Bandung, Senin (15/02/21).

Dilansir Humas Kota Bandung, memang sejak awal Covid-19 hadir di Indonesia pihaknya mengajak para tokoh agama, sesepuh, pengurus RT/RW, Babinsa dan Polsek untuk bergerak cepat untuk mengantisipasi Covid-19. Pihaknya dari awal sudah membangun kesadaran warga akan bahaya Covid-19.

“Lebih baik kita cerewet daripada ada yang terpapar. Bangun keadaran masyarakat, harus mau melaporkan. Covid-19 itu bukan penyakit aib tapi penyakit yang harus diwaspadai,” lanjutnya.

Pembagian masker, penyemprotan disinfektan secara massal di 14 RW melalui program Jumat Disinfektan merupakan salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Kelurahan Kebon Jayanti, maka tak heran zona hijau masih menjadi milik Kelurahan Kebon Jayanti.

Manaf menjelaskan setiap warga luar yang hendak masuk ke Kelurahan Kebon Jayanti wajib lapor kepada RT setempat dan wajib menerapkan protokol kesehatan. Dengan cara seperti itu, warga lama-lama akan sadar dan mentaati.

“Kalau di Kelurahan Kebon Jayanti sebelum adzan kami mengingakan pentingnya prokes. Seperti ‘ditunggu di masjid, jangan lupa bawa masker dan bawa sajadah sendiri’. Mudah-mudahan kami tidak lalai dan tidak terlena,” lanjutnya.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: