Bandung Terkini

Kelurahan Pelindung Hewan Sukses Membuat Ternak Lele Berkat Program Buruan Sae

BANDUNG – Buruan Sae telah berhasil di laksanakan oleh setiap kelurahan yang ada di Kota Bandung. Salah satu kelurahan yang merasakan kesuksesan dalam pengembangan program Buruan Sae yaitu Kelurahan Pelindung Hewan. Hendra Yulianto, S. E. selaku Lurah Pelindung Hewan mengatakan jika hasil dari Buruan Sae Kelurahan Pelindung Hewan salah satunya yaitu ternak ikan lele, Rabu (13/01/21).

Ternak ikan lele merupakan pencapaian yang luar biasa yang telah di torehkan oleh Kelurahan Pelindung Hewan. Awal mula terbentuknya ternak lele berasal dari pembelian benih ikan lele yang diambil dari uang kas tiap RW, yang kemudian berkembang hingga saat ini.

“Rata-rata perpanen kita hanya menghasilkan 45 kg sampai dengan 50 kg ikan lele yang nantinya dijual ke pasar atau pedagang pecel lele,” ungkap Hendra.

Setelah menjual ikan lele hasil ternak Kelurahan Pelindung Hewan, maka hasil yang didapatkan akan dibelikan bibit ikan lele kembali dan dibelikan pakan ikan. Tentu saja jika ada sisa, hasil tersebut akan dibagikan kepada pengurus atau pengelola sehari-hari yang telah berjuang mengurus ternak lele.

Tak hanya ternak lele yang dimiliki Kelurahan Pelindung Hewan, dalam program Buruan Sae Hendra mengatakan jika Kelurahan Pelindung Hewan menanam pula sayuran.

“Kita udah panen sayuran dua kali, kalau sayuran kadang dijual ke warung-warung dan sebagian dibagikan kepada masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Sejak launching program Buruan Sae, Hendra langsung mengintruksikan kepada seluruh RW Kelurahan Pelindung Hewan untuk mencari lahan guna menyukseskan program ini. Terbukti dari 10 RW, sudah ada 9 RW yang melaksanakan program Buruan Sae.

“Alhamdulillah sudah menghasilkan. Program ini adalah program bagus, walaupun lahan yang sedikit namun masih bisa menghasilkan dan menjadi ketahanan pangan masyarakat Kota Bandung,” ucap Hendra.

 

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: