Bandung TerkiniBerita Terkini

Kelurahan Sadang Serang Telah Berhasil Menyelenggarakan Program Kota Bandung

BANDUNG – Kelurahan Sadang Serang telah berhasil menyelenggarakan program pemerintah Kota Bandung, yaitu Buruan Sae dan Kang Pisman. Hal ini terbukti dengan adanya pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan hijau astri yang disebut dengan program Buruan Sae. Hasan Arifin, S. E., M. M. selaku lurah dari Kelurahan Sadang Serang merasa sangat senang dan bangga karena Kelurahan Sadang Serang dapat menjadi salah satu kelurahan yang menjalankan program pemkot dengan baik dan lancar.

“Dulunya ini adalah halaman kantor biasa, terdapat pohon besar yang rindang. Nah kemudian saya ada ide bagaimana kalau dimanfaatkan dengan adanya Buruan Sae. Lalu koordinasi dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung dan langsung di fasilitasi oleh Dinas Pangan dan Pertanian Jawa Barat,” ucap Hasan (41) saat ditemui di Kantor Kelurahan Sadang Serang.

Buruan Sae merupakan program urban farming yang terintegrasi, bertujuan untuk menanggulangi ketimpangan permasalahan pangan melalui pemanfaatan pekarangan atau lahan yang ada dengan cara berkebun. Buruan diambil dari kata sunda yang berarti halaman, sedangan SAE merupakan singkatan dari Sehat, Alami dan Ekonomis.

Tanaman yang ada di Buruan Sae miliK Kelurahan Sadang Serang merupakan tanaman yang bisa diambil atau diolah buahnya, seperti cengek, pakcoy, bawang daun, serta masih banyak lagi.
“Kita juga ada ternak ikan nila dan ternak lele di belakang, lalu ada kebun bibit jadi kumplit banget,” lanjut Hasan.

Buruan Sae Kelurahan Sadang Serang sudah ada sejak lima bulan yang lalu dan sudah terbukti hasilnya membawa manfaat bagi warga sekitar. Karena program ini benar-benar dikelola oleh Hasan sebagai Lurah Sadang Serang yang merupakan penanggungjawab serta dibantu oleh ibu-ibu PKK yang disebut juga dengan Pokbun (Kelompok Berkebun) dan KWT (Kelompok Wanita Tani Sadang Serang) yang terdiri sekitar 70 orang.

Program Buruan Sae ini dikolaborasikan dengan program Kang Pisman. Jadi, apabila warga membuang sampah organic, sampah tersebut bisa di proses untuk dijadikan pupuk, yang dimana pupuk tersebut digunakan untuk tanaman yang ada di Buruan Sae. Hasan mengatakan jika dua program ini dapat bersinergi karena Hasan sudah membuktikannya.

Jika warga Kelurahan Sadang Serang menginginkan hasil dari program Buruan Sae, bisa langsung menghubungi ibu-ibu PKK Kelurahan Sadang Serang. Hal ini untuk menghindari miss communication, alangkah baiknya jika ingin meminta harus izin terlebih dahulu. Bukannya melarang, hanya untuk mengatisipasi hal-hal buruk yang tidak ingin terjadi, sehingga harus ada koordinasi dulu antara warga dan pengurus. Poin yang paling penting, warga bisa meminta secara dadakan, tanpa nunggu berhari-hari. Terbukti, program Buruan Sae ini berguna ketika pandemi. Karena banyak bahan-bahan pokok makanan yang mahal.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: