Bandung Terkini

Kelurahan Sukamiskin Menjadi Kelurahan Percontohan KBS di Kota Bandung

BANDUNG – Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung menjadi kawasan yang sudah memanfaatkan sampah menjadi hasil yang bermanfaat salah satunya RW 01, 02, 06 dan 17. Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengapresiasi hal tersebut dan mendorong kewilayah lain di Kota Bandung untuk ikut menduplikasi Kelurahan Sukamiskin.

“Kelurahan disini sebagai percontohan Kawasan Bebas Sampah (KBS), dengan konsep Kangpisman. Bukan hanya itu, ‘waste to food’ juga disini sudah diterapkan,” ungkap Oded, dilansir Humas Kota Bandung, Jumat (29/01/21).

Terdapat kolam lele, urban farming, maggot, pengelolaan sampah organik menjadi makanan ayam, kolam retensi dan keramba apung untuk ikan lele maupun nila yang ada di Kelurahan Sukamiskin.

Oded sangat bangga dengan apa yang ia lihat dan merasa senang karena masih ada warga yang peduli lingkungan. Apalagi kepada RW yang saling membantu satu sama lain. Salah satu RW yang ia apresiasi yaitu RW 17 yang memilki kolam terapung.

“Saya apresiasi, ketua RW 17 karena ini merupakan RW bungsu pemekaran. RW ini punya potensi yang mampu berbagi ke RW yang lain. Kalau butuh maggot bisa diberikan, kalau RW lain butuh apa, itu saling membantu,” lanjutnya dengan penuh rasa bangga.

Sementara itu, Ketua RW 17, Muaf mengatakan jika hasil panen lele dan nila akan langsung dijual atau dimanfaatkan untuk kegiatan sosial lain. Muaf menjelaskan jika ketika panen aka nada 8.000 ekor lele yang dijual dan langsung diberikan kepada pengusaha distributor.

“Mudah-mudahan bisa menumbuhkan ekonomi juga sosialnya. Kalau sosial bisa saling berbagi dan kebahagiaan warga,” ungkap Mauf.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: