Bandung TerkiniPendidikan

Kepala Sekolah Kota Bandung Harus Mampu Memahami Program Sekolah Penggerak (PSP)

BANDUNG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah membuat Program Sekolah Penggerak (PSP) yang bertujuan untuk memajukan kualitas para pelajar di Indonesia, dengan mewujudkan terciptanya Pelajar Pancasila. Demi menyukseskan PSP, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta kepada para kepala sekolah di Kota Bandung memahami sistem, model dan tata kerja PSP.

“Saya yakin PSP ini bukan sekedar penyempurnaan program transformasi sekolah, tetapi juga lebih berorientasi kepada upaya mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Yaitu melalui terciptanya pelajar Pancasila,” ujar Yana, dilansir Humas Kota Bandung, Selasa (17/02/21).

Pilar utama dalam PSP yakni para pelajar dapat memperoleh pemahaman terhadap Pancasila, UUD 1945, konsep Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Yana sangat berharap PSP mampu mengembangkan potensi siswa secara optimal dan mampu meningkatkan kualitas mutu belajar siswa di Kota Bandung. Karena PSP berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetisi literasi dan karakter, yang diawali dengan SDM yang unggul yakni kepala sekolah dan guru.

“PSP harus menjadi pembentuk karakter peserta didik. Sifat yang terbangun bukan hanya kesantunan dan toleransi tetapi juga kemampuan meningkatkan kualitas diri yang bertumpu pada kecintaan terhadap bangsa dan negara,” lanjutnya.

Para kepala sekolah dituntut Yana untuk bisa memahami dengan jelas peran dan fungsi PSP yang nantinya akan diterapkan di sekolah masing-masing. Karena peran kepala sekolah dalam PSP sangat strategis, untuk menciptakan lingkungan sekolah yang memberi ruang tumbuhnya kreativitas dan inovasi para siswa.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: