Bandung Terkini

Kesadaran Masyarakat Memakai Masker Meningkat, Kesadaran Menjaga Jarak Menurun

BANDUNG – Kota Bandung bangga terhadap masyarakatnya karena telah sadar akan pentingnya protokol kesehatan, salah satunya memakai masker. Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kota Bandung, Idris Kuswandi mengatakan jika tingkat kesadaran memakai masker masyarakat Kota Bandung semakin meningkat dibandingkan pada saat awal diterapkannya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kota Bandung.

“Pada saat AKB mulai Perwal 37 sampai PErwal 73 itu banyak sekali pelanggar yang kena denda administrasi tidak menggunakan masker,” ucap Idris, dilansir Humas Kota Bandung, Rabu (27/01/21).

Dilansir Humas Kota Bandung yang didapat daRi survey Satgas Covid-19 Jawa Barat, Kota Bandung mendapatkan nilai memuaskan yaitu 91,4 persen dengan predikat masyarakat yang paling patuh menggunakan masker. Hal itu dibenarkan oleh Idris lantaran saat ini jumlah pelanggar yang tidak memakai masker semakin menurun.

Meskipun sudah patuh memakai masker, namun kewajiban protokol kesehatan yang lainnya yakni menjaga jarak masih terbilang kurang. Masih ada pelaku usaha yang menyediakan kursi lebih dari 30 persen serta tidak adanya penanda kursi. Idris menyimpulkan jika tingkat kesadaran masyarakat terhadap berjaga jarak masih rendah, ditambah pelaku usaha yang tidak mau bekerja sama yang masih memberikan kursi di atas 30 persen.

“Makanya pada saat Prokes tidak dijalankan, yang kita denda adalah pelaku usahanya,” ujar Idris.

Idris berharap masyarakat dan pelaku usaha bisa bersama-sama membantu dan mendukung pemerintah dalam menanggani masalah pandemi covid-19 ini, salah satunya yaitu dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: