Bandung Terkini

Kota Bandung akan Terus Melestarikan Permainan dan Olahraga Tradisional

BANDUNG – Kota Bandung memiliki permain dan olahraga tradisional yang cukup banyak. Sayang sekali saat ini anak-anak lebih menyukai bermain permainan di smartphone daripada memainkan permainan tradisional. Oleh karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya untuk melestarikan permainan dan olahraga tradisional di Kota Bandung yang memiliki nilai filosofi dan nilai budaya yang tinggi.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan jika di dalam permainan atau olahraga tradisional terdapat nilai-nilai yang bisa didapatkan seperti disiplin, kebersamaan dan toleransi, maka sangat disayangkan jika sudah banyak anak-anak yang tak tahu permainan dan olahraga tradisional.

Harapan Yana tentu saja meningingkan warga Kota Bandung tak melupakan permainan dan olahraga asli Kota Bandung. Serta harus adanya pelestarian dan penjagaan bersama untuk tetap membuat permainan dan olahraga tradisional tetap dijadikan pilihan.

“Harapannya kita bisa menjaga budaya permainan tradisional di Kota Bandung. Jangan sampai anak-anak kita melupakan budaya permainan tradisional,” harap Yana, dikutip Humas Kota Bandung, Rabu (03/03/21).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Eddy Marwoto mengatakan jika pemerintah akan memberikan bantuan hibah untuk melestarikan permainan dan olahraga tradisional yang sudah masuk ke dalam Anggaran Dasardan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

“Pemerintah Kota Bandung melalui Dispora selalu memperhatikan hal ini, karena ada nilai-nilai budaya tersebut tidak boleh sampai punah. Untuk melestarikan kebudayaan kita dan kita pun berkolaborasi dengan berbagai pihak,” tutur Eddy, dikutip Humas Kota Bandung, Rabu (03/03/21).

Lalu Sekretaris Umum KPOTI (Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia) Kamaludin sedang melakukan sosialisasi berupa online dan offline untuk menjelaskan filosofi-filosofi yang terkandung di dalam permainan dan olahraga tradisional.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: