Bandung Terkini

Kota Bandung Berupaya Menciptakan Kota Sehat dan Bebas ODF

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah berupaya untuk membuat Kota Bandung menjadi kota yang sehat dan bebas ODF (Open Defecation Free) hingga 100 persen. Demi mewujudkan keinginan tersebut maka beberapa program dan kegiatan dilaksanakan, salah satunya kegiatan sosialisasi yang berfokus kepada perilaku masyarakat untuk tidak membuang air besar sembarangan.

Beberapa upaya yang sudah dilakukan Pemkot Bandung untuk menciptakan kota sehat yakni menertibkan bangunan liar di daerah bantaran sungai dan mendorong setiap kewilayahan untuk menciptakan inovasi Bangkasep (Bangga Kagungan Septitank). Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dengan konsisten melakukan perilaku tidak membuang air besar sembarangan demi berlangsungnya hidup sehat.

Ketua Forum Bandung Sehat (FBS) Kota Bandung, Siti Muntamah Oded mengatakan jika pihaknya selalu melakukan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat Kota Bandung. Serta, Siti meminta adanya dukungan dan partisipasi dari setiap masyarakat untuk menyukseskan Bandung kota sehat.

“Untuk itu wajib kepada seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan, partisipasi, sekaligus melakukan penyadaran secara mandiri untuk memenuhi kriteria hadirnya kota sehat,” ungkap Siti, dilansir Humas Kota Bandung, Kamis (01/04/21).

Sanitasi yang layak pun menjadi fokus untuk menciptakan kota sehat. Hingga saat ini akses sanitasi di Kota Bandung baru mencapai 69,01 persen. Oleh karena itu perlu adanya akses terhadap jamban sehat dan tidak menyalurkan pembuangan kotoran ke sungai atau hutan.

“Maka kami akan berkolaborasi dengan semua pihak yang ada di Kota Bandung, mulai dari dunia usaha seperti mall-mall, pusat-pusat perbelanjaan ditambah juga dengan jasa untuk ikut membantu melakukan intervensi sekaligus membangunkan sarana dan prasarana,” lanjutnya.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: