Bandung TerkiniCovid-19

Kota Bandung Siap Melaksanakan Vaksinasi Tahap Pertama

BANDUNG – Vaksinasi covid-19 tahap pertama telah resmi dimulai hari ini, Rabu (13/01/21). Akan tetapi, untuk Kota Bandung vaksinasi akan dimulai pada hari Kamis, 14 Januari 2020. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah siap melaksanakan vaksinasi. Rencananya, vaksinasi Kota Bandung akan dilaksanakan di RSKIA Kota Bandung, Jalan Raya Kopo, No. 311, Situsaeur, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung.

Dilansir dari Humas Kota Bandung, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Ahyani Raksanagara mengungkapkan jika tujuan adanya vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok dan menurunkan kesakitan dan kematian akibat covid-19.

“Termasuk juga melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi,” ucap Ahyani, seperti dilansir Humas Kota Bandung.

Tahap awal vaksinasi akan dilakukan untuk petugas kesehatan, lalu disusul para pelayan publik yang rentan tertular, diantaranya anggota TNI, Polri, Satpol PP, petugas bandara, pelabuhan, kereta api, guru, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Akan tetapi, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana tidak akan di vaksinasi, karena kedua orang penting di Bandung tersebut sudah terinfeksi atau sedang terinfeksi virus corona.

Kesiapan Kota Bandung dalam H-1 vaksinasi yaitu telah mempersiapkan 191 fasilitas kesehatan untuk pelayanan vaksinasi dan vaksin sudah siap didistribusikan sesuai alokasi di fasilitas kesehatan. Hingga saat ini sudah ada 449 vaksinator yang telah terlatih dan sudah siap.

Setiap calon penerima vaksin akan menerima SMS vaksinasi dari Kemenkes, diharapkan agar hadir sesuai jadwal yang telah ditentukan. Setelah melakukan vaksinasi Ahyani berharap agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Suntik vaksin virus corona penting untuk mengurangi penyebaran covid-19, namun meski sudah mendapat suntikan vaksin, protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak harus tetap dilakukan,” imbuhnya.

 

Source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: